Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Untuk Anda yang memiliki penyakit pada saluran pencernaan seperti GERD atau lebih dikenal dengan asam lambung, tentu saja ibadah puasa di bulan Ramadhan akan menjadi kesulitan dan juga kecemasan tersendiri bagi penderitanya.Hal ini disebabkan karena, puasa akan mengubah sebuah pola dan makan seseorang sehingga perubahan tersebut nantinya dapat membuat perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang telah ditentukan.

Keadaan ini akan membuat cairan asam yang ada di lambung meningkat dan menimbulkan beberapa gejala yang memberikan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan sebuah penyakit yang memiliki beberapa gejala yaitu seperti timbulnya rasa nyeri dari ulu hati yang dapat menjalar di bahu, rasa terbakar di daerah dada karena meningkatnya produksi asam lambung sampai ke bagian kerongkongan.

Pada umumnya, kondisi GERD ini bisa disebabkan oleh karena LES atau Lower Esophageal Sphincter yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga otot yang harusnya menahan cairan tersebut malah terbuka sehingga terdapat celah untuk cairan lambung naik sampai kerongkongan.

Memasuki minggu awal bulan ramadhan, hal ini akan membuat penderitanya merasakan sensasi yang tidak nyaman karena tubuh masih dalam tahap adaptasi dengan pola dan juga jam makan yang mendadak berubah. Walaupun begitu, keadaan ini akan mengalami perubahan seiring dengan waktu.

Agar Anda dapat merasa nyaman saat berpuasa di bulan suci ramadhan, berikut merupakan beberapa tips untuk Anda yang menderita penyakit asam lambung.

  • Makan saat sahur

Hal pertama yang dapat menjadi sebuah tips bagi anda adalah memastikan bahwa Anda tidak melewatkan makan saat sahur. Hal ini disebabkan karena bisa meningkatkan derajat keparahan asam lambung yang diproduksi lambung saat siang hari. Jika perut Anda dalam keadaan kosong dalam waktu yang cukup lama, ini dapat membuat produksi asam lambung meningkat dan akan semakin parah jika Anda tidak makan saat sahur.

Makanan pada saat sahur tentu saja memiliki fungsinya tersendiri, selain untuk asupan energi selama di siang hari, juga memiliki fungsi untuk mencegah asam lambung naik sampai ke tenggorokan. 

  • Langsung berbuka pada waktunya

Tips selanjutnya adalah menyegerakan untuk berbuka puasa jika telah memasuki waktunya. Hindarilah kebiasaan menunda nunda untuk berbuka puasa karena itu akan membuat perut Anda kosong dalam waktu yang lebih lama. Mekanisme kenaikan asam lambung karena menunda berbuka puasa sama halnya dengan tidak makan pada saat sahur.

  • Makan dengan perlahan

Selain dua hal diatas, makan dengan perlahan juga merupakan salah satu tips untuk Anda yang akan berpuasa di bulan Ramadhan. Makan dengan perlahan bertujuan untuk memproses makanan mendajadi lebih kecil sehingga kerja lambung Anda tidak akan terlalu berat, karena jika Anda tidak mengunyah makanan Anda dengan baik ni hanya akan membuat asam lambung Anda naik.

Oleh karena itu makanlah secara perlahan dan juga nikmatilah makanan Anda sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit asam lambung Anda.

  • Makanlah sesuai dengan porsi Anda, jangan berlebihan

Tips lainnya untuk mencegah penyakit asam lambung Anda kambuh saat berpuasa adalah dengan tidak berbuka dengan porsi yang berlebihan. Walaupun Anda merasa lapar karena sudah berpuasa dalam satu hari penuh, Anda tetap harus memperhatikan porsi makan Anda agar asam lambung Anda tidak naik.

Jika Anda berbuka dengan makanan berporsi besar, hal ini bisa menyebabkan naiknya jumlah asam lambung Anda hingga ke kerongkongan dan menimbulkan gejala yang tidak nyaman.

Hal ini juga berlaku saat makan sahur. Anda bisa makan dengan porsi yang secukupnya saja. Karena perut Anda juga membutuhkan waktu dalam mencerna segala makanan yang masuk

  • Hindari makanan atau minuman yang membuat asam lambung naik

Tidak cukup dengan hanya mengatur porsi makanan Anda, Anda juga harus memperhatikan apa yang Anda makan dan minum. Anda harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang bisa membuat asam lambung Anda naik. Contoh dari makanan dan minuman yang bisa membuat asam lambung Anda adalah seperti kopi, makanan pedas, makanan atau minuman yang mengandung coklat serta minuman bersoda.

Anda harus memperhatikan apa yang Anda makan dan minum dengan baik, baik saat buka maupun sahur agar terhindar dari penyakit ini.

  • Jangan tidur setelah makan

Kebiasaan langsung terlelap setelah makan adalah kebiasaan yang buruk. Sebaiknya kamu wajib menunggu kurang lebih 3 jam setelah selesai makan untuk tidur. Jika Anda langsung tidur selesai selesai makan, hal ini hanya akan membuat Anda merasakan berbagai gejala dari naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan.

Tentu saja kumpulan gejala dari penyakit ini akan membuat Anda merasakan sensasi yang tidak nyaman.