Tanda-tanda Paru-paru Kamu Tidak Sehat

Tanda-tanda Paru-paru Kamu Tidak Sehat

Paru-paru yang tidak sehat mempunyai berbagai gejala yang dapat diwaspadai, seperti mengi sampai nyeri dada yang parah. Dikutip dari WebMD, penyakit paru-paru adalah nama lain untuk berbagai macam masalah kesehatan yang terjadi. 

Paru-paru adalah organ vital manusia sebab elemen dari sistem yang kompleks, berelaksasi dan mengembang jutaan kali setiap harinya demi membawa oksigen dan mengeluarkan seluruh karbon dioksida dalam tubuh. Sehingga, sangat penting untuk kita memperhatikan kesehatan organ yang satu ini. 

Dengan mengetahui gejala paru-paru yang sudah tidak sehat sedari dini bisa membantu Anda mendapatkan pengobatan yang tepat sebelum penyakit tersebut bertambah parah dan mengakibatkan kematian. 

Dikutip dari Lung Foundation, di bawah ini merupakan tanda-tanda dari paru-paru yang sudah tidak sehat dan patut untuk dicurigai. 

Gejala Paru-Paru yang Wajib Diketahui

  • Mengi 

Mengi merupakan suara siulan yang memiliki nada tinggi dan keluar ketika Anda sedang bernafas. Umumnya suara tersebut akan terdengar ketika Anda sedang menghembuskan napas. 

Mengi juga biasa terjadi saat saluran udara dibatasi sebab adanya penyumbatan atau penyempitan di saluran udara yang mengalir ke paru-paru. Sangat penting untuk Anda memperhatikan adanya mengi sebab bisa menjadi tanda awal terkena penyakit paru-paru, misalnya asma, penyakit paru obstruktif kronik sampai kanker paru. 

Tetapi, mengi bisa dipicu sebab berbagai alasan, seperti bakteri atau infeksi di saluran pernapasan. 

  • Sesak napas 

Gejala yang sangat sering terjadi ketika terserang penyakit paru-paru yaitu sesak nafas, namun tidak seluruh pengidapnya merasakan sesak napas sebab faktor tidak fit, kelebihan berat badan dan penuaan. 

Mungkin sesak nafas merupakan respon alami jika tubuh memerlukan oksigen yang lebih banyak dan energi saat Anda melakukan kegiatan yang memerlukan tenaga fisik seperti berolahraga atau berlari. 

Tetapi, gejala paru-paru yang tidak sehat tersebut mengakibatkan sesak napas yang tidak biasa. Ketika hal tersebut terjadi, dianjurkan langsung menemui dokter untuk memperoleh penanganan dengan tepat dan tepat.

  • Infeksi dada 

Infeksi dada merupakan infeksi yang terjadi pada paru-paru. Apabila infeksi pada saluran yang kecil maka disebut dengan pneumonia dan yang lebih besar berarti bronkitis. Infeksi dada ini bisa terjadi sebab saluran dada yang membengkak dan menjadikannya lebih banyak nanah atau lendir. 

Yang akhirnya, saluran pernapasan menjadi tersumbat dan Anda kesulitan untuk bernafas. Biasanya infeksi dada disebabkan oleh virus dan bakteri. Penyebab terserang bronkitis biasanya dari virus dan penyebab dari penyakit pneumonia yaitu bakteri. 

  • Produksi lendir 

Tanda dari paru-paru yang tidak sehat selanjutnya yaitu produksi lendir atau dahak yang berlebihan. Memang lendir tersebut bisa menjadi pertahanan jika Anda terserang infeksi. Namun bila terjadi penumpukan lendir secara berlebihan dan berlangsung sangat lama, kemungkinan hal tersebut menjadi tanda kalau paru-paru Anda sedang tidak sehat. 

  • Nyeri dada berlebihan 

Rasa sakit atau nyeri di dada merupakan gejala yang berkaitan dengan banyak keadaan dari gangguan kesehatan. Nyeri dada ini merupakan rasa sakit berlebihan yang muncul ketika Anda sedang batuk atau hanya menarik napas saja. Jika hal ini sudah terjadi, maka segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

  • Batuk berdarah 

Apabila Anda batuk berdarah, bisa jadi hal tersebut menjadi pertanda jika paru-paru pada bagian atas sedang tidak sehat. Darah yang keluar dari nantinya akan berbusa sebab keluar dari saluran pernapasan atau paru-paru. Itu disebabkan oleh darah yang sudah bercampur dengan lendir dan udara di paru-paru. 

Oleh sebab itu, Anda harus pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut sebelum keadaan Anda semakin memburuk. 

Tanda-tanda Paru-paru Kamu Tidak Sehat

Cara Merawat Kesehatan Paru-Paru

Sesudah Anda mengetahui tanda-tanda dari paru-paru yang tidak sehat, tentunya mulai saat ini Anda harus merawat paru-paru dengan baik. Bagaimana caranya? Mari simak ulasannya di bawah ini. 

  • Olahraga 

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu rajin berolahraga. Bukan hanya paru-paru saja, kegiatan fisik ini juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk orang gantung dan kesehatan seluruh tubuh. Supaya paru-paru lebih sehat, sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga yang melatih pernapasan. 

  • Hindari merokok 

Merokok diketahui menjadi penyebab sakit paru-paru. Oleh karena itu, cara terbaik guna menjaga kesehatan paru-paru yaitu berhenti merokok. Bukan sekedar perokok aktif saja, orang tidak merokok pun dianjurkan untuk menghindari asap rokok, khususnya saat berada di ruangan tertutup. 

  • Lakukan vaksinasi 

Vaksinasi menjadi cara yang ampuh untuk menjaga organ pernapasan ini. Vaksin dapat membantu Anda agar terhindari dari sejumlah infeksi yang dapat membahayakan paru-paru. Terdapat beberapa tipe vaksin yang penting guna menjaga kesehatan paru-paru, yaitu vaksin pneumonia pneumokokus, difteri, dan tetanus.  

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Tentunya sangat mudah, bukan? Jalani hal tersebut secara berkala dan peroleh manfaat sehatnya untuk tubuh Anda secara menyeluruh!