Sumber-sumber Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh manusia karena berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki sel yang rusak, memelihara sel-sel, serta memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Hanya saja vitamin ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, sehingga membutuhkan asupan dari luar. Anda bisa mendapatkannya dari suplemen, suntikan, ataupun makanan-makanan yang mengandung vitamin C.

Sumber vitamin C sendiri sangat beragam, mulai dari buah-buahan hingga sayuran. Perlu diingat, vitamin C makanan jauh lebih dianjurkan daripada suplemen karena sifatnya alami. Makanya Anda perlu rutin mengkonsumsi makanan tersebut guna memastikan asupan tubuh akan vitamin c terpenuhi. Berikut ini kami punya sumber-sumber makanan vitamin C alami. Simak yuk informasinya.

Buah yang Kaya Akan Vitamin C

Setiap hari orang dewasa membutuhkan vitamin c sekitar 75-90 mg. Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan berikut ini yang punya kadar vitamin c tinggi berikut ini untuk mencukupinya:

Jeruk

Vitamin C dalam satu buah jeruk diperkirakan ada sebanyak 70 mg. Jumlah tersebut tentu sudah mencukupi kebutuhan harian tubuh Anda yang hanya perlu 75-90 mg saja. Buah jeruk bisa dimakan langsung atau dibuat menjadi juice segar. Setidaknya ada vitamin c sebanyak 125 mg dalam secangkir juice jeruk yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Pepaya

Buah pepaya sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tidak hanya tinggi air dan serat, buah ini juga mengandung vitamin c yang dapat memenuhi kecukupan gizi untuk kebutuhan harian. Dalam 100 gr pepaya, terdapat 61 mg vitamin c. Disarankan untuk mengonsumsi buah dalam keadaan sega agar mudah diterima oleh tubuh.

Jambu Biji

Satu buah jambu biji sanggup mencukupi kebutuhan harian vitamin c sebanyak 140 persen. Selain itu jambu biji juga kaya akan antioksidan likopen yang dapat memperlambat atau mencegah pertumbuhan sel kanker tertentu. Bahkan bagi penderita hipertensi, dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika mengonsumsi buah jambu biji secara rutin.

Kiwi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 30 orang sehat dengan rentang suai 20-51 tahun, terungkap bahwa buah kiwi yang dikonsumsi setiap hari selama 28 hari dengan takaran 2-3 buah dapat mengurangi trigliserida sebesar 15 persen dan menurunkan kekakuan platelet darah sebesar 18 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kiwi memiliki manfaat yang bisa menurunkan risiko penyakit stroke dan pembekuan darah. Sementara pada penelitian lain yang dilakukan pada 14 pria yang kekurangan vitamin c, diketahui bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas sel darah putih sebesar 20 persen saat mereka memakan dua kiwi setiap hari selama empat minggu. Setelah mengalami peningkatan sebesar 304 persen, kadar vitamin c dalam darah pun menjadi normal setelah lewat dari seminggu.

Stroberi

Buah merah cantik ini per buahnya (ukuran sedang) dengan bobot sekitar 12 gram mengandung 7 mg vitamin C. Rasanya cukup masam dan membuat banyak orang kurang suka menikmati penyajian buah, makanya sering dibuat jadi juice. Stroberi juga tinggi akan kandungan antioksidan seperti antosianin yang merupakan zat warna alami pada buah dan sayur.

Sayuran yang Mengandung Banyak Vitamin C

Selain mengonsumsi buah-buahan, Anda bisa mendapatkan vitamin c dari sayur-sayuran berikut ini:

Brokoli

Setengah cangkir brokoli yang dimasak sanggup mencukupi kebutuhan vitamin c harian sebanyak 75 persen. Jika dikonsumsi secara rutin, Anda akan mendapatkan manfaat seperti menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, meningkatkan imunitas, serta mengurangi stres oksidatif.

Bayam

Terdapat 8,5 mg vitamin c dalam semangkuk bayam. Kandungannya memang tidak banyak, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain vitamin c, bayam juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti zat besi, kalium, folat, vitamin k dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Kembang Kol

Kembangkol dengan bentuk mirip seperti brokoli, merupakan sayuran yang menjadi sumber alami vitamin C sehingga bisa dikonsumsi secara rutin. Terdapat 50 mg vitamin c dalam semangkuk kembang kol mentah, kadar tersebut memang lebih kecil daripada sayur brokoli.

Cabai Merah

Tidak banyak yang tahu bahwa makanan pedas ini juga mengandung vitamin c yang tinggi. Dalam 100 gr penyajiannya, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin dalam sehari. Meskipun menyehatkan, rasa pedas dari cabai merah juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti nyeri lambung dan diare. Sebaiknya dikonsumsi dengan bijak ya.

Paprika Kuning

Semakin tua buah paprika kuning, maka semakin bertambah kandungan vitamin c di dalamnya. Hanya dengan mengkonsumsi 75 gr buah ini, Anda telah mendapatkan 137 mg vitamin c atau sekitar 152 persen dari kebutuhan harian. Mengkonsumsi vitamin C dari paprika kuning bermanfaat juga untuk kesehatan mata.

Selain buah-buahan dan sayuran yang kami sebutkan tadi, masih ada sumber makanan lainnya yang mengandung vitamin c. Silahkan dikonsumsi secara rutin guna mencegah tubuh Anda dari kekurangan vitamin tersebut. Sesuaikan porsi dan jumlah kebutuhan harian ya, kalau berlebihan malah akan memberikan efek samping.