Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengobatinya

sakit punggung

Banyak orang yang pasti memiliki anggapan, jika sakit punggung hanya bisa menyerang mereka dengan usia tua. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Masalah pada punggung dapat diderita oleh siapapun dan usia berapa pun, bahkan di beberapa kasus juga dialami oleh balita.

Penyebab Sakit Punggung

Penyebab paling umum munculnya sakit punggung karena kegiatan Anda sehari-hari dan kebanyakan orang akan menganggap hal tersebut biasa saja, padahal jika rasa sakit tersebut dibiarkan maka akan semakin parah.

Berikut adalah beberapa penyebab munculnya sakit punggung :

  1. Kualitas tidur yang buruk

Penyebab pertama adalah kasur yang Anda gunakan kualitasnya buruk atau karena permukaan kasur yang mudah berubah juga dapat menyebabkan sakit pada punggung. Sehingga tidak dapat menopang tulang belakang Anda dengan benar, selain itu juga bisa membuat badan kaku, lelah serta pegal.

  1. Kurang berolahraga

Jarang bergerak atau kurang berolahraga dapat menyebabkan otot tubuh Anda menjadi lemah, hingga tidak bisa menopang tubuh secara sempurna. Hal tersebut dapat mengakibatkan punggung merasa sakit karena otot yang tidak pernah dilatih.

  1. Duduk terlalu lama

Jika Anda duduk dalam posisi sama pada waktu lama, tidak hanya leher yang akan mengalami rasa nyeri tetapi punggung juga lama-lama terasa sakit. Hal ini disebabkan oleh terbebani dan tertekannya tulang belakang serta cakram sebagai penopang antar tulang. Jika dibiarkan juga dapat membuat lengan hingga kepala merasa sakit.

Karena itu, jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk. Ambilah sedikit waktu untuk melakukan peregangan, misal dengan berjalan-jalan atau olahraga kecil. Hal ini perlu dilakukan agar tulang leher dan punggung menjadi relaks.

  1. Merokok

Ternyata merokok tidak hanya penyebab dari banyaknya penyakit berbahaya saja, namun juga dapat mengakibatkan sakit pada punggung. Hal tersebut dikarenakan nikotin yang terdapat di rokok akan mengganggu peredaran darah di area sumsum tulang bagian belakang.

Hal itulah yang menyebabkan cakram pada tulang belakang menjadi terkikis dan rapuh. Selain itu, juga bisa membuat metabolisme tubuh terganggu dan berakhir dengan berkurangnya kemampuan self healing mechanism.

  1. Osteoporosis

Sebenarnya osteoporosis tidak membuat seseorang merasakan sakit, hanya saja ketika sudah semakin parah bisa terjadi patah tulang atau sakit punggung yang parah. Rasa sakit akan muncul ketika penderita berdiri dan berjalan.

Penyakit osteoporosis sangat sulit dideteksi dan kebanyakan kasus baru akan ketahuan ketika penderitanya mengalami patah tulang. Banyak yang mengira jika osteoporosis terjadi karena penuaan, namun hal tersebut sebenarnya belum pasti.

  1. Depresi dan stres

Ketika sedang memiliki banyak tanggungan yang menyebabkan Anda menjadi overthinking dan memicu stres, tubuh secara berlebih akan memproduksi hormon kortisol. Kemudian membuat Anda menjadi sensitif pada rasa nyeri, memicu terjadinya peradangan serta dapat menyebabkan radikal bebas dalam tubuh terbentuk.

Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab rusaknya sel-sel di pada otot dan dalam tubuh Anda, karenanya itulah seluruh otot pada tubuh akan merasakan nyeri bahkan sakit yang tidak tertahankan, khususnya di bagian tulang belakang.

  1. Mengenakan sepatu yang tidak cocok

Menggunakan sepatu yang tidak pas atau tidak nyaman juga dapat menjadi penyebab sakit pada punggung. Hal tersebut dikarenakan bentuk lengkungan sepatu tidak bisa menopak struktur telapak kaki dengan baik.

Cara Mengobati Sakit Punggung

Semua orang bisa mengalami sakit punggung. Walau memang lebih rentan pada ibu hamil, mereka dengan usia 30 tahun lebih, perokok, kurangnya aktivitas fisik, stres serta obesitas. Tentunya pada kasus tertentu dapat disembuhkan, berikut adalah beberapa cara untuk mengobatinya :

  1. Kompres dengan air dingin pada bagian yang sakit agar mereda.
  2. Anda dapat mengkonsumsi obat pereda sakit (sesuai anjuran dokter).
  3. Rutinlah berolahraga, fokuskan pada gerakan yang dapat menyembuhkan sakit punggung. Hindari gerakan yang terlalu banyak membungkuk. Anda dapat melakukan rekomendasi olahraga berikut ini :
  • Berenang
  • Yoga
  • Pilates
  • Berjalan kaki
  • Bersepeda, jangan gunakan sepeda gunung karena akan mengharuskan tubuh membungkuk.
  1. Perbaiki cara Anda duduk, ambilah waktu untuk berjalan-jalan jika sudah duduk terlalu lama.
  2. Perbanyak minum air putih.
  3. Jaga berat badan Anda.
  4. Kenakan korset khusus untuk memperbaiki posisi tulang belakang.
  5. Anda juga dapat melakukan terapi fisik. Ditempat terapi tentunya akan diajarkan beberapa gerakan untuk melatih Anda untuk memperbaiki postur serta keseimbangan tubuh.
  6. Terakhir adalah melakukan operasi, namun tindakan ini hanya akan dilakukan apabila cara-cara yang lain sudah tidak dapat mengurangi rasa sakit.

Itulah informasi mengenai penyebab sakit punggung serta cara mengobatinya, sangat disarankan apabila rasa sakit sudah terlalu parah hingga membuat pergerakan Anda terganggu atau sampai tidak bisa melakukan apapun. Segera konsultasikan ke dokter spesialis supaya mendapatkan penanganan yang tepat.