Mengenal Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan Tubuh

Setiap orang harus peduli terhadap kesehatan, karena apabila kesehatan diabaikan, maka buahnya adalah penyesalan. Alam menyediakan banyak sekali tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah lamtoro, apakah kamu tahu tentang lamtoro? Jika tidak, maka tulisan ini akan membantumu memahaminya.

Mungkin masyarakat pedesaan sudah tidak asing dengan lamtoro, yaitu petai cina. Apakah kamu tahu? Lamtoro atau petai cina adalah petai yang terdiri dari beberapa butir petai kecil, bentuk dari lamtoro panjang dan berisikan petai-petai kecil yang kerap disebut masyarakat dengan nama petai cina.

Lamtoro atau petai cina sebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat, terutama masyarakat pedesaan. Walaupun diberi nama petai cina, dalam sejarah sebenarnya lamtoro adalah petai yang berasal dari Meksiko, yang kemudian banyak ditanam di Indonesia oleh masyarakat Indonesia sejak lama.

Cara Mengolah Lamtoro atau Petai Cina

Sebelum membahas tentang manfaat yang akan kamu dapatkan dari mengkonsumsi lamtoro atau petai cina, maka kamu harus pahami juga beberapa cara mengolah lamtoro atau petai cina agar kamu dapat mengkonsumsinya dengan lezat dan nikmat, berikut ini beberapa cara mengolah lamtoro.

  • Dijadikan lalapan pelengkap menu masakan

Cara pertama mengolah lamtoro adalah menjadikannya sebagai lalapan, ini merupakan cara paling mudah dan sederhana, yaitu kamu tinggal mencuci lamtoro, kemudian mengonsumsinya langsung bersamaan dengan sambal sebagai pelengkap lauk dan nasi.

  • Diolah bijinya menjadi masakan

Cara lainnya untuk mengolah lamtoro adalah dengan memisahkan antara daun dan biji lamtoro, kemudian biji-bijinya disangrai atau ditumis, dihidangkan menjadi menu masakan yang lezat, dicampur dengan nasi. Biasanya masyarakat desa bahkan memakan lamtoro bersamaan dengan nasi tanpa mengolah bijinya terlebih dahulu, cukup dicuci saja.

  • Diolah menjadi kopi

Bukan hanya dapat diolah menjadi makanan, lamtoro juga bisa diolah menjadi kopi, bagaimana caranya? Tentunya caranya cukup mudah. Kamu harus pisahkan biji-biji lamtoro atau petai cina dari daunnya, kemudian sangrai biji-biji itu, hancurkan hingga menjadi bubuk dan seduh sebagaimana kamu menyeduh kopi pada umumnya.

Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan

Setelah memahami cara mengolah lamtoro, maka selanjutnya kamu harus pahami juga apa saja manfaat dari lamtoro untuk kesehatan. Manfaat lamtoro atau petai cina bagi kesehatan sangatlah beragam, dari mulai mencegah sampai menyembuhkan suatu penyakit atau gejala penyakit. Berikut ini beberapa manfaat dari lamtoro untuk kesehatan.

  • Mengatasi bengkak pada bagian tubuh

Bagi kamu yang mengalami pembengkakkan pada beberapa bagian tubuh tertentu, maka lamtoro dapat kamu manfaatkan sebagai obat. Lamtoro atau petai cina memiliki khasiat mengempiskan bagian tubuh yang mengalami bengkak diakibatkan oleh beberapa hal tertentu.

Bagaimana caranya? Kamu tinggal gerus daun lamtoro atau petai cina, kemudian tambahkan sedikit air, lalu selanjutnya tinggal tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami bengkak. Demi menjaga lamtoro tidak jatuh, maka perban atau tutup bagian bengkak yang sudah diberikan lamtoro.

  • Mengatasi diare

Manfaat lainnya dari lamtoro atau petai cina untuk kesehatan adalah dapat mengatasi diare. Bagi kamu yang sering mengalami masalah diare namun sudah lelah mengonsumsi obat, maka kamu bisa memanfaatkan lamtoro atau petai cina sebagai obat alami untuk mengatasi diare.

Bagian lamtaro atau petai cina yang paling berkhasiat untu mengatasi diare adalah pucuknya. Bagaimana caranya? Kamu tinggal mengonsumsinya langsung atau diolah terlebih dahulu, asalkan apabila dimasak maka jangan sampai terlalu lama, ditakutkan menghilangkan kandungan penting di dalamnya.

  • Menghambat pertumbuhan bakteri

Manfaat lainnya dari lamtoro atau petai cina adalah menghambat pertumbuhan bakteri, itulah sebabnya kenapa lamtoro kerap disebut sebagai tumbuhan antibakteri. Kamu akan mendapatkan banyak khasiat yang satu ini apabila mengkonsumsi daun dari lamtoro, maka pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh akan terhambat.

Kandungan yang terdapat pada daun lamtoro terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh, jadi kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit apabila kamu sering mengkonsumsi lamtoro, terutama pada penyakit seperti penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dan berkembang pada bagian tubuh.

  • Mengatasi penyakit kulit

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi lamtoro atau petai cina terutama daunnya adalah mengatasi penyakit kulit. Perkembangan bakteri akan memperparah penyakit kulit yang diderita setiap orang, mengkonsumsi daun lamtoro berarti menghambat perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kulit semakin parah.

Selain untuk mengatasi, maka juga bisa bermanfaat untuk menghambat penyakit kulit, misalnya kulitmu terancam akibat adanya perkembangan bakteri, maka lamtoro yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri dapat membantumu mencegahnya.

Itulah beberapa penjelasan seputar manfaat atau khasiat lamtoro atau petai cina bagi kesehatan tubuh, kamu harus mencoba lamtoro atau petai cina, bahkan mengkonsumsinya secara rutin apabila ingin mendapatkan beberapa manfaat yang sudah dijelaskan di atas.