Manfaat Suntik Vitamin C dan Efek Sampingnya

Manfaat suntik vitamin c ada banyak, namun yang paling diketahui masyarakat kita adalah membuat kulit terlihat lebih putih dan cerah. Sebenarnya bukan hanya itu, menurut para ahli vitamin ini dapat memberikan manfaat secara medis seperti membuat tubuh lebih fit dan tidak mudah sakit. Ya, vitamin c memang benar dapat meningkatkan daya tahan tubuh apalagi saat pandemi seperti sekarang.

Meskipun banyak manfaat, ada pula bahaya yang akan mengintai apabila disuntikan dalam dosis berlebihan. Maka dari itu, ketahui dulu yuk manfaat suntik vitamin c serta efek sampingnya supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Maksud dari Suntik Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh, dapat berguna sebagai antioksidan yang melindungi sel dari paparan radikal bebas serta kerusakan. Asupan vitamin C biasanya didapat dari buah-buahan, sayuran, suplemen, dan suntikan. Suntik Vitamin C lebih umum digunakan dalam metode perawatan kulit yang banyak digunakan wanita beberapa tahun ini. Tapi perlu diketahui bahwa Anda bisa mendapatkan manfaat sekaligus efek samping saat menyuntikkan vitamin C ke dalam tubuh.

Bagaimana cara melakukan suntik vitamin c? Ada dua cara, yakni menyuntikannya lewat pembuluh darah atau intravena yang disebut dengan subkutan dan juga bisa dengan menyuntikkan di bawah kulit melalui otot atau yang disebut dengan intramuskular. Menurut para ahli kesehatan, rata-rata dosis vitamin c yang boleh disuntikkan dalam tubuh setiap hari hanya berkisar antara 70-150 mg saja. Apabila Anda termasuk orang yang kekurangan vitamin ini, maka disarankan untuk memasukan dosis sekitar 300 mg – 1 gr per hari.

Suntik vitamin c terkadang digunakan untuk berbagai alasan, mulai dari merawat kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mendukung pengobatan kanker. Prosedur ini idealnya harus dilakukan oleh dokter atau perawat yang sudah terlatih.

Manfaat Suntik Vitamin C bagi Tubuh

Ketika seseorang melakukan suntik vitamin C, manfaat yang didapat adalah sebagai berikut:

1.      Menghambat Sel Kanker

Dalam sebuah penelitian diungkap bahwa penyuntikan vitamin c dapat menghalangi perkembangan sel kanker apabila diberikan dalam dosis tinggi. Suntik vitamin c juga dapat mengurangi risiko penyakit tumor pankreas, tumor pada ovarium atau indung telur, serta bisa mengurangi perkembangan tumor otak. Hanya saja sampai saat ini hal tersebut belum dilakukan pengujian secara klinis untuk manusia.

2.      Mengatasi Defisiensi Vitamin C

Defisiensi atau kekurangan vitamin c dapat teratasi dengan suntikan vitamin c. Seperti yang kita tahu, tubuh manusia yang kekurangan vitamin ini dapat mengalami beberapa gejala seperti munculnya memar atau bintik-bintik merah pada kulit, luka yang susah sembuh, gigi goyang, nyeri sendi, mudah lelah, hingga gusi berdarah. Selain itu, manfaat suntikan vitamin c bisa mengurangi akibat dari penyakit tertentu seperti demam rematik, tuberkulosis, sinusitis, difteri, pneumonia, batuk rejan, kanker, hingga infeksi HIV.

3.      Membantu Produksi Kolagen

Di dalam Vitamin C yang disuntik terkandung asam askorbat yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan serta membentuk kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang bisa menguatkan struktur tubuh, terdapat di bagian tulang, tendon, otot, dan kulit. Jika kebutuhan tubuh akan vitamin c ini tidak terpenuhi maka berisiko menghambat pembentukan kolagen, sehingga dapat menyebabkan kelainan pada pembuluh darah serta tulang.

4.      Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin c kaya akan antioksidan yang berfungsi menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar UV, mengurangi dan mencegah tanda-tanda penuaan, mencerahkan kulit, hingga memperbaiki teksturnya. Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah atau sayur yang kaya akan vitamin C, atau juga bisa melalui krim atau serum yang mengandung vitamin ini bila ingin melakukannya dari luar. Semenatara untuk suntik vitamin c snediri dapat memberikan manfaat dalam kecantikan dan kesehatan kulit manusia, meskipun masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

Efek Samping Suntik Vitamin C yang Perlu Diketahui

Kebanyakan orang mengira tidak akan ada efek samping yang diterima saat menyuntikkan vitamin c ke dalam tubuhnya. Sayangnya yang tidak mereka ketahui adalah efek dari suntikan vitamin c cukup berisiko dan dapat memicu penyakit berikut ini:

·       Diabetes. Bagi Anda penderita penyakit diabetes disarankan untuk tidak melakukan perawatan kecantikan dengan vitamin c apabila tidak ingin menaikkan dosis gula darah dalam tubuh.

·       Membebani kinerja ginjal. Seseorang yang melakukan suntik vitamin c secara instan dapat membuat ginjal tidak bekerja optimal dan malah memicu penyakit ginjal.

·       Menopause dini. Meskipun memberikan efek mencerahkan kulit, nyatanya ada efek samping mengerikan seperti menopause pada wanita. Menopause merupakan fase yang akan dialami setiap wanita yang memasuki usia 50 tahun ke atas. Namun fase tersebut bisa lebih cepat terjadi apabila menggunakan suntikan vitamin c.

Itulah manfaat suntik vitamin c dan efek samping yang akan diterima. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum melakukannya, ya.