Manfaat Meminum Teh Chamomile

teh chamomile

Teh yang didapat dari bung-bunga kering seperti memang tidak sepopuler jenis teh yang dihasilkan oleh daun teh. Di negara Indonesia sampai saat ini teh yang paling populer dan menjadi andalan adalah teh hijau dan teh hitam.

Hampir disetiap rumah makan atau restoran turun menawarkan teh biasa atau teh hitam. Sementara teh hijau dapat Anda temukan dengan mudah di rumah makan Jepang. Lantas, bagaimana soal teh bunga chamomile?

Walau jarang di temukan di sebuah restoran, tapi Anda masih bisa memesan di coffee shop, tea house atau supermarket. Agar membuat Anda semakin penasaran untuk meminum teh chamomile tersebut, dibawah ini ada sejumlah manfaat jika rutin mengkonsumsi teh chamomile ini.

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat mengkonsumsi teh chamomile yaitu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan teh chamomile bisa menangkal berbagai macam infeksi di dalam tubuh alhasil sistem imun tubuh menjadi lebih kuat bila Anda rutin mengkonsumsi teh tersebut.

Di dalam teh chamomile juga terkandung senyawa fenolik yang mempunyai zat bersifat anti-bakteri serta dapat menyerap racun yang berasal dari makanan yang sering Anda makan.

Beberapa penelitian menyarankan untuk meminumnya setidaknya 6 gelas dalam 2 minggu dan dilakukan rutin ke minggu-minggu setelahnya. Dari sana akan terlihat efek yang diberikan oleh teh chamomile untuk melawan berbagai infeksi.

2. Meringankan Nyeri Saat Haid

Apabila Anda sering merasakan sakit ketika sedang menstruasi, cemas dan merasa tidak nyaman saat datang bulan, tidak ada salahnya untuk mencoba teh chamomile ketika Anda menstruasi.

Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, teh chamomile terkandung zat anti-inflamasi serta relaksasi pada tubuh. Bukan hanya meringankan nyeri saat haid, teh chamomile pun dapat menghilangkan rasa kembung dan juga sakit perut dikarenakan kram.

Asal Anda tahu, manfaat tersebut telah terbukti, seperti penelitian di tahun 2010 yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi teh chamomile ini dalam satu bulan penuh mampu mengatasi rasa sakit yang didapat karena kram dari menstruasi atau datang bulan

3. Meredakan Stress

Rentan stress serta panik adalah hal yang biasa dan bisa dialami oleh siapapun.  Dengan manfaat dari teh chamomile yang memiliki sifat relaksasi, satu gelas teh bisa meredakan perasaan stress dan panik yang ada di pikiran.

Bunga chamomile jika dikonsumsi dipercaya dapat menaikkan kadar melatonin dan serotonin di dalam tubuh yang baik untuk relaksasi dan ketenangan tubuh. Minum 2 sampai 3 gelas teh chamomile tiap hari untuk bisa memperoleh khasiatnya.

Walaupun begitu, Anda harus ingat bahwa perempuan hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi teh tersebut selama hamil sebab bisa meningkatkan resiko keguguran.

4. Mencegah Diabetes

Ada penelitian yang dilakukan di Inggris sudah menunjukan bahwa teh chamomile bisa bekerja untuk penderita penyakit diabetes. Selain itu, teh chamomile berfungsi untuk menurunkan gula darah serta mengatur kadar insulin dalam tubuh supaya seimbang di dalam darah. Akan tetapi, sebelum mengkonsumsi teh tersebut Anda dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

5. Memperkuat Rambut

Tidak sedikit orang yang merasakan langsung manfaat teh chamomile bagi rambut mereka. Zat anti-inflasi yang ada di dalam teh chamomile akan meringankan terjadinya iritasi kulit pada kepala yang biasanya terasa gatal di bagian kulit kepala.

Bukan hanya itu, kandungan senyawa fenoliknya bisa membuat rambut Anda lebih indah dan kuat sampai membuat rambut menjadi lebih lebat dan halus.

6. Menyembuhkan Alergi

Jenis teh ini juga sebagai sumber anti-alergi khususnya bagi Anda yang penderita alergi terhadap wangi atau sentuhan tanaman. Seperti contoh, teh chamomile dapat mengatasi alergi yang dihasilkan oleh bunga krisan atau aster.

Hal ini dikarenakan alergi yang ada di bunga chamomile dikeringkan serta dijadikan teh dapat memodulasi respon sistem imun tubuh terhadap bunga-bunga tersebut. Antihistamin yang ada di dalam teh chamomile juga berfungsi untuk meredam reaksi alergi yang ada pada tubuh Anda.

7. Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Bukan hanya memberi dampak menenangkan, teh chamomile juga dapat membantu merek yang mempunyai masalah untuk tidur. Manfaat tersebut dapat Anda rasakan lewat kandungan apigenin, yakni antioksidan yang bekerja untuk mengunci reseptor tertentu di otak yang bisa meningkatkan rasa ingin tidur.

8. Mengobati dan Meredakan Penyakit Kulit Ringan

Beberapa studi berhasil membuktikan bahwa ekstrak dari bunga kamomil dapat membantu mengobati luka di kulit manusia. Bahkan bisa Anda temukan juga sebuah salep yang terbuat dari bunga chamomile yang fungsinya bisa meredakan eksim serta peradangan kulit yang ringan. Walaupun begitu, salep dan juga ekstrak kamomil tergolong susah untuk ditemukan di negara Indonesia.