Keuntungan Mengajukan Pinjaman ke Koperasi

pinjaman koperasi

Dalam berbisnis, tentu akan datang saatnya Anda membutuhkan tambahan modal yang banyak untuk mengembangkan usaha. Saat itulah para pebisnis baru akan mengajukan pinjaman, karena nominal yang dibutuhkan tidaklah kecil. Jika modal usaha cukup kecil, mungkin Anda meminjam uang kepada teman atau sanak saudara.

Namun jika sangat besar nominalnya, maka yang dapat memberikan pinjaman tersebut hanyalah perbankan. Namun sayangnya, mengajukan pinjaman di bank juga tidak semudah yang terlihat. Regulasi yang berbelit-belit dan proses persetujuan yang cukup lama dari lembaga keuangan tersebut malah seperti mempersulit pengajuan kredit masyarakat yang ingin memperolehnya dalam waktu dekat. 

Sangat rumit dan tidak fleksibel sama sekali. Untungnya saat ini di Indonesia bukan hanya bank-bank saja yang dapat memberikan pinjaman dana kepada masyarakat. Seperti koperasi yang dapat menjadi solusi bagi para pebisnis ketika membutuhkan modal cukup banyak untuk mengembangkan usahanya. 

Mengajukan pinjaman di koperasi juga tidak sulit, dan pastinya syarat yang diberikan lebih mudah dipenuhi dari pada di bank. Misalnya, para pengaju pinjaman yang membutuhkan modal usaha cukup menjadi anggota koperasi tersebut. Hal ini sesuai dengan visi misi dari koperasi itu sendiri, yaitu mensejahterakan para anggotanya. 

Pinjaman Koperasi dan Beberapa Keuntungannya

Bagi Anda yang berencana melakukan pinjaman namun bingung mau kemana, sebaiknya petimbangkan koperasi sebagai salah satu lembaga yang dapat memberikan bantuan dana. Sebab, koperasi memberikan cukup banyak keuntungan kepada masyarakat. Seperti berikut:

1. Memudahkan Mekanisme Pinjaman

Pinjaman koperasi memiliki mekanisme yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan pengajuan pinjaman bank. Dana juga lebih cepat cair apabila Anda kenal dengan salah satu pengurus koperasi yang bersangkutan. 

2. Memproses Pengajuan dan Pencairan Dana yang Cepat

Bukan hanya mekanisme pinjamannya saja yang lebih mudah dari bank, tetapi proses pengajuan dan pencairan dana juga bisa lebih cepat. Meminjam lewat koperasi dapat membuat Anda menerima bantuan dana dalam waktu yang terbilang singkat. Bahkan jika dokumen serta proposal pengajuan sangat bagus, beberapa pinjaman saat itu juga bisa langsung cair. Dan inilah keuntungan mengajukan pinjaman ke koperasi yang sampai sekarang jarang ada di lembaga perbankan.

3. Mengajukan Dana Tanpa Harus Memberi Jaminan

Produk pinjaman tanpa agunan adalah keuntungan lain dari koperasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat, mesikup tidak diterapkan oleh setiap koperasi yang ada di Indonesia. Pinjaman dengan nominal tertentu dapat dibebaskan dari agunan atau pinjaman. Jadi, sangat cocok dipilih oleh para pebisnis yang belum memiliki aset yang bisa dijaminkan.

4. Bunga Rendah Cukup Rendah

Koperasi menentukan suku bunga pinjaman lebih rendah dari multifinance atau perbankan lainnya. Karena tujuan utama berdirinya koperasi adalah membantu semua anggota mencapai kesejahteraan, sehingga memberikan bunga pinjaman yang rendah termasuk dalam tujuan tersebut.

Apakah Pinjaman Koperasi Memiliki Kekurangan? 

Jika diatas adalah keuntungan yang menjadi kelebihan dari pinjaman koperasi, maka berikut ini merupakan kekurangan yang dimilikinya:

1. Modal yang Dimiliki Terbatas

Kendala dalam mendapatkan modal koperasi biasanya berkaitan dengan modal koperasi yang terbatas, apalagi saat masih baru. Tentu sulit bagi Anda yang membutuhkan dana cukup banyak biaya untuk berbisnis.

2. Tenaga Profesional Sedikit

Dalam pengelolaannya, koperasi sering kekurangan tenaga profesional. Sumber daya manusia yang kurang dan yang ada belum tentu kompeten tentu kecil kemungkinan dapat baik dan tertib dalam mengelola keuangan. Hal ini dapat berdampak buruk pada pengawas, pengelola, anggota, pengurus lain apabila terjadi kerjasama. 

3. Kesadaran Anggota yang Rendah

Koperasi didirikan dengan tujuan mensejahterakan para anggotanya, namun bagaimana jika para anggota tersebut tidak sadar untuk melakukan iuran? Hal ini tentu dapat merugikan anggota lain.

Syarat Meminjam Uang di Koperasi

Setelah membahas mengenai beberapa keuntungan meminjam uang di koperasi untuk modal usaha, Anda juga perlu tahu tentang syarat-syarat mengajukan pinjaman terlebih dahulu. Dengan mengetahui syarat tersebut, akan lebih mudah untuk Anda lakukan ketika mengajukan pinjaman kelak. Dan berikut ini syarat-syarat mendapat persetujuan pinjaman dari koperasi:

  1. Merupakan calon anggota koperasi atau sudah menjadi anggota koperasi.
  2. Mengisi secara lengkap formulir pinjaman dari koperasi.
  3. Memberikan fotokopi KTP, jika sudah menikah maka lampirkan keduanya.
  4. Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  5. Jika seorang pegawai, maka lampirkan fotokopi slip gaji.
  6. Fotokopi rekening pembayaran listrik.
  7. Fotokopi agunan atau jaminan. 

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, ada beberapa langkah yang perlu ikuti kreditur supaya mendapatkan pinjaman modal, yakni:

  1. Menyertakan proposal penggunaan dana pinjaman secara lengkap dan detail. Contohnya untuk keperluan bisnis cuci motor, laundry kiloan, catering, dan sebagainya.
  2. Proposal yang diajukan kreditur akan diurus oleh pengurus koperasi, kemudian dinilai dan dipertimbangkan sesuai prosedur peminjaman. Kemungkinan proposal pinjaman diterima koperasi akan lebih besar jika dibuat dengan bagus. 
  3. Mengisi akad pinjaman koperasi ketika pengajuan pinjaman modal bisnis disetujui. Dana akan dicairkan sesuai dengan jumlah yang disepakati antara kedua belah pihak, kemudian pihak peminjam harus mampu mengembalikan pinjaman.

Dan itulah beberapa keuntungan mengajukan pinjaman ke koperasi beserta syarat-syaratnya. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jika kamu bukan anggota koperasi dan ingin melakukan pinjaman, kamu bisa mencari pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit.