Ketahui 6 Manfaat Baik Berbuka Puasa dengan Kurma

kurma

Pada umumnya kurma memang telah menjadi makanan pembuka ketika berbuka puasa. Buah ini juga menjadi salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW. Karena pada dasarnya kurma mempunyai banyak manfaat, yang juga merupakan sunnah Nabi Muhammad, sehingga setiap rumah pastinya menyediakan kurma saat bulan Ramadhan. 

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang sangat identik sekali dengan bulan Ramadhan atau puasa. Hal tersebut karena seperti yang telah diketahui jika buah kurma sangat baik dikonsumsi ketika bulan puasa. Manfaat buah ini dapat dirasakan jika dikonsumsi langsung ketika berbuka puasa maupun ketika sahur. 

Manfaat baik buah kurma tentunya juga tidak hanya dapat dirasakan ketika sedang berpuasa saja, namun buah ini memang mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dari tubuh kita. Salah satu manfaat baik yang terdapat di dalam buah kurma adalah adanya kandungan zat besi, kalsium hingga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ketika sedang menjalankan puasa. 

Tetapi faktanya masih banyak manfaat lain yang ada di dalam buah dari Timur Tengah. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

1. Mengurangi Haus 

Pada umumnya kurma akan dijadikan hidangan untuk berbuka puasa. Tetapi ternyata manfaat buah kurma juga bisa kamu dapatkan apabila dimakan ketika sahur. Karena terdapat kandungan mineral di dalam kurma yang sangat tinggi bisa membantu kamu supaya tidak mudah haus ketika seharian menjalankan ibadah puasa. 

Dianjurkan untuk memakan 3 butir buah kurma saat sahur, seperti yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW. 

2. Mengurangi Lapar 

Buah kurma juga bisa mengurangi rasa lapar, karena di dalamnya ada kandungan serat dan gula yang sangat tinggi, sehingga membuat kamu merasa akan lebih cepat kenyang. Jika buah ini dimakan ketika berbuka puasa, maka akan bagus untuk mengurangi masukan kalori yang berlebihan ketika berbuka puasa.

Dan jika dimakan ketika sahur, buah ini mempunyai kandungan glukosa yang baik untuk cadangan energi ketika menjalankan puasa. Namun, jangan konsumsi secara berlebihan, cukup dengan 3 butir saya supaya tidak berlebihan gula pada tubuhmu. 

3. Menjaga Pencernaan 

kurma

Manfaat selanjutnya yang ada di buah kurma yaitu bisa menjaga pencernaan, karena buah ini mempunyai serat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut tentunya sangat baik untuk saluran pencernaan, terutama untuk kamu yang selalu mengalami sembelit. 

Sama seperti poin sebelumnya, dikatakan jika kurma bisa mengurangi rasa lapar, sudah pasti benar sebab kurma mempunyai serat yang tinggi sama seperti sayuran, seperti yang kamu tahu jika sayuran dapat membuatmu kenyang lebih lama. 

Dan jika kamu yang sedang menjalani program diet, maka buah kurma ini bisa menjadi salah satu solusi karena bisa membantu kamu untuk menurunkan nafsu makan ketika berbuka puasa, karena tentu kamu akan merasakan kenyang ketika mengkonsumsi 3 butir kurma.

4. Mudah Mengembalikan Energi 

Ketika berbuka puasa, kita semua dianjurkan untuk memakan makanan yang terlebih dahulu mudah untuk dicerna. Buah kurma menjadi saran pilihan makanan yang bagus bagi pencernaan. Sebab buah kurma memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa cepat dicerna oleh tubuh. Untuk itu, buah ini sangat baik dikonsumsi ketika berbuka puasa. 

Pada umumnya tubuh kita akan kehabisan banyak energi sehingga butuh banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh untuk bahan bakar yang mudah untuk diserap oleh tubuh. 

5. Sumber Energi Cadangan 

Ketika sedang menjalankan puasa, pada umumnya tubuh kamu akan lebih mudah untuk kekurangan asupan nutrisi. Sebab adanya perubahan pada pola makan yang setiap harinya mengkonsumsi 3 kali asupan makan, dan ketika puasa hanya bisa makan saat sahur dan berbuka saja. 

Pastinya dengan kegiatan yang padat dan banyak, bisa memicu tubuh mengambil seluruh nutrisi yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, mengkonsumsi buah kurma menjadi salah satu solusi yang tepat, sebab buah kurma memiliki kandungan glukosa yang bisa memberikan banyak kalori untuk sumber bahan bakar energi tambahan untuk tubuh kamu. 

Energi tersebut tentunya berguna sekali untuk kamu menjalani kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi kurma setiap hari saat sahur dan juga berbuka puasa. 

6. Mempersiapkan Pencernaan ketika Buka Puasa 

Terakhir yaitu banyak manfaat kurma untuk pencernaan, sehingga kurma cocok sekali untuk dikonsumsi sebelum makanan berat. Hal tersebut dilakukan untuk bisa membantu lambungmu supaya tidak kaget. Lambung bisa kaget sebab adanya keadaan perut yang masih kosong ketika berpuasa. 

Biasanya untuk orang yang mempunyai masalah pada lambung, ketika mereka berbuka dengan mengkonsumsi makanan berat, maka akan menimbulkan perih di lambung maupun asam lambung naik, hal tersebut jika dibiarkan tentunya sangat berbahaya. 

Jadi sebaiknya konsumsi makanan ringan dulu seperti kurma sebelum memakan makanan berat, agar tidak mengalami perih lambung. 

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat berbuka dengan kurma yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba!