Daftar Makanan yang Baik Untuk Penderita Penyakit Jantung

Bagi kamu yang saat ini memiliki penyakit jantung atau ingin melakukan pencegahan tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah dengan memperbaiki gaya hidup kamu. Bagaimana caranya? Yaitu konsumsilah makanan-makanan sehat yang baik untuk jantung kamu.

Untuk jenis makanannya sendiri akan lebih baik jika kamu memilih yang mengandung zat fitonutrien biasanya ini terdapat di dalam buah-buahan dan tumbuhan. Dari senyawa ini akan sangat membantu kerja jantung lebih optimal. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai makanan sehat bagi penderita jantung yang boleh dikonsumsi.

Makanan Sehat Bagi Para Penderita Penyakit Jantung

Untuk kamu yang mengidap penyakit jantung atau ingin melakukan pencegahan, maka harus memperhatikan bagaimana pola makan serta kandungan yang terdapat di dalam makanan adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Karena dengan mengkonsumsi bahan makanan sehat dan baik untuk jantung, pastinya bisa mengurangi terjadinya serangan jantung.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengikuti arahan dari dokter mengenai diet jantung dengan mengkonsumsi makanan sehat agar nantinya proses pengobatan yang sedang kamu jalani menjadi lebih optimal.

Nah, berikut adalah jenis-jenis makanan yang baik untuk para penderita penyakit jantung atau yang memang ingin mencegahnya, yaitu:

Sayuran Hijau

Makanan yang baik untuk penderita jantung yang pertama adalah sayuran hijau, karena jenis makanan ini mempunyai kandungan berupa vitamin c, kalsium, vitamin e, folat, kalium serta serat yang dapat membantu jantung supaya berfungsi secara normal.

Pada dasarnya terdapat dua jenis sayuran yang memiliki kandungan berbagai nutrisi misalnya seperti brokoli, bayam, asparagus, kangkung, sawi hijau dan lainnya. Jadi, kamu bisa menyesuaikan jenis sayuran hijau mana yang memang disukai, tetapi ada baiknya untuk tidak memilih-milih sayur yang dikonsumsi.

Ikan Tuna dan Salmon

Jenis makanan yang baik untuk penderita penyakit jantung berikutnya adalah ikan tuna dan salmon, kedua jenis ikan inilah yang mempunyai kandungan omega 3 serta asam lemak tinggi. Karena hal tersebut adalah mengapa ikan tuna dan salmon sangat baik bagi kinerja jantung kamu dan disyaratkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.

Apalagi omega 3 yang ada pada salmon dan tuna sangat bermanfaat untuk mengurangi trigliserida, tekanan darah, pembekuan darah serta mampu menormalkan ritme detak jantung penderita supaya lebih teratur. Setidaknya kamu bisa mengkonsumsi daging ikan ini kurang lebih 150 gram setiap minggunya.

Oatmeal

Gangguan jantung dapat diminimalisir dengan cara membatasi makanan yang memang mengandung kolesterol. Sangat disarankan bagi kamu untuk memilih oatmeal sebagai alternatif camilan. 

Karena makanan ini sendiri memiliki kandungan antioksidan, serat dan senyawa anti radang yang mana kesemuanya tersebut mampu menurunkan kadar dari kolesterol dalam tubuh. Kemudian juga dapat mencegah terjadinya pembentukan dan juga penumpukan plak.

Anggur

Makanan yang baik untuk penderita penyakit jantung yang berikutnya berasal dari buah-buahan, yaitu anggur. Buah ini sendiri adalah salah satu dari sekian banyak yang mempunyai kandungan senyawa aktif dan mampu mengurangi ketegangan di pembuluh arteri.

Kemudian kulit dari anggur merah ternyata mengandung polifenol di mana senyawa ini dapat melindungi jaringan pelapis dari pembuluh darah atau endotel supaya nantinya lapisan tersebut bisa berfungsi dengan baik. 

Kabar baik lainnya adalah dengan mengkonsumsi anggur secara rutin, ternyata mampu untuk mengurangi lemak dalam darah, meningkatkan fungsi dari trombosit agar tidak terjadi plak hingga menurunkan tekanan pada darah. 

Alpukat

Selanjutnya adalah buah alpukat, ternyata buah yang kerap dihindari karena dianggap tidak baik bagi kesehatan oleh sebagian orang mempunyai manfaat yang baik untuk para penderita penyakit jantung. Sebab buah alpukat mengandung senyawa yang disebut dengan lipofilik, ini merupakan senyawa yang bisa larut di dalam lemak.

Cntohnya karotenoid, squalene, polifenol, vitamin E, pitosterol dan asam lemak tidak jenuh tunggal. Pada kelompok senyawa yang telah disebutkan sebelumnya mampu untuk menurunkan kadar kolesterol sampai dengan mencegah penumpukan plak.

Buah Apel dan Beri

Berikutnya adalah buah apel dan beri di mana kedua buah ini mengandung antioksidan untuk meningkatkan proses dari metabolisme lemak di dalam tubuh, kemudian pada buah apel sendiri memiliki serat yang baik dalam hal menurunkan kolesterol pada darah. Kesamaan lainnya baik pada buah apel ataupun beri, sama-sama mampu untuk menangkal radikal bebas di mana hal tersebut bisa menjadi penyebab kerusakan sel.

Tahu

Makanan yang baik untuk penderita penyakit jantung selanjutnya adalah tahu. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bahan utama pembuat tahu adalah kacang kedelai yang memiliki manfaat untuk menurunkan resiko munculnya gangguan pada jantung.

Tidak hanya itu saja ternyata tahu juga memiliki senyawa yang bernama saponin, senyawa ini memiliki manfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol yang ada di dalam darah serta membantu untuk menjaga kesehatan dari jantung kamu supaya bisa bekerja secara normal.