Ciri-Ciri Gangguan Jantung yang Wajib Diwaspadai

Ciri-Ciri Gangguan Jantung yang Wajib Diwaspadai

Berdasarkan dengan data yang berhasil dikumpulkan oleh Kemenkes menunjukkan jika penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar kedua di Indonesia. Tidak selesai disitu saja, masalah kesehatan jantung ini juga berdampak pada kerugian secara finansial, sebab membutuhkan biaya yang terbilang besar.

Hal inilah yang menyebabkan perlunya diagnosis secara menyeluruh ketika Anda atau orang lain yang menunjukkan gejala gangguan pada jantung sedini mungkin agar bisa ditangani dengan baik, sehingga tidak semakin parah.

Mengenali ciri-ciri dari penyakit jantung dan harus diwaspadai

Adanya penumpukan lemak pada bagian aterosklerosis atau arteri dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan di dalam pembuluh darah serta organ jantung. Bila penumpukan plak tersebut tidak segera diatasi

Nantinya bisa menyebabkan adanya penyumbatan dan penyempitan sehingga dapat terjadi serangan jantung, stroke hingga nyeri di bagian dada. Kondisi tersebut disebut sebagai penyakit arteri koroner dalam dunia kedokteran.

Untuk masalah kesehatan ini dapat berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan semakin memburuk. Bahkan, bisa saja terjadi ketika masih pada usia anak-anak dan remaja. Kemudian yang menjadi pertanyaan banyak orang, apa saja ciri-ciri dari penyakit jantung yang haru diwaspadai?

  • Nyeri pada bagian dada hingga lengan

Pertama adalah rasa nyeri dibagian dada hingga lengan. Ini kerap kali dirasakan oleh orang-orang yang memiliki masalah pada jantungnya. Rasa tersebut bahkan bisa terasa hingga lengan kiri Anda, bila Anda pernah atau sering mengalami masalah yang satu ini. Segeralah periksakan diri ke dokter.

  • Pusing

Ada begitu banyak kondisi dimana seseorang mengalami lemas dan hilang keseimbangan. Bisa saja itu adalah gejala gangguan jantung. Rasa pusing tersebut terjadi karena Anda tidak memperoleh asupan minuman atau makanan yang cukup sesuai kebutuhan.

  • Tidak nyaman di dada

Ketika Anda merasakan rasa yang tidak nyaman dibagian dada, maka bisa jadi ini adalah gejala gangguan jantung dan memang merupakan gejala umum yang seringkali dialami pasien jantung. Tentunya gejala ini wajib diwaspadai.

Saat Anda merasakan adanya rasa sesak, nyeri hingga ada perasaan tertekan di bagian dada. Biasanya rasa nyeri yang dialami oleh orang dengan gangguan jantung akan terjadi untuk beberapa menit dan dapat muncul saat sedang beraktivitas dan istirahat. Maka segera periksakan diri Anda ke dokter. Karena bisa saja rasa nyeri tersebut adalah gejala gangguan jantung.

  • Mendengkur

Seperti halnya sakit kepala, ada faktor yang menjadi penyebab seseorang mendengkur ketika tidur. Bahkan, dengkuran bisa juga masuk dalam gejala adanya gangguan jantung. Saat seseorang mendengkur dengan keras serta terengah-engah, bisa jadi orang tersebut mengalami apnea.

Anda tidak boleh meremehkan apnea tidur dapat mengakibatkan nafas menjadi terhenti sejenak untuk beberapa kali. Karenanya hal ini pastinya akan berdampak buruk pada jantung, jadi ada baiknya Anda segera melakukan pengecekan kesehatan bila mengalami gejala tersebut.

Ciri-Ciri Gangguan Jantung yang Wajib Diwaspadai

Gejala dari penyakit jantung

Selain empat faktor diatas, masih ada gejala lainnya dari penyakit ini yang biasanya dialami orang dengan gangguan jantung, yakni :

  • Jantung berdetak lebih cepat dan lambat.
  • Mengalami demam.
  • Terjadinya pembengkakan di bagian lengan, mata, perut hingga tungkai.
  • Merasakan nyeri pada bagian tenggorokan, rahang, punggung dan leher.
  • Seperti akan pingsan.
  • Batuk kering, namun tidak sembuh-sembuh.
  • Muncul ruam di kulit.
  • Merasa mual.
  • Kaki dan tangan terasa dingin.
  • Terjadi sianosis.

Dengan melihat gejala-gejala di atas, diharapkan Anda atau siapapun yang merasakannya dapat segera memeriksakan diri ke dokter. Tujuannya tentu supaya bisa segera mendapatkan diagona yang jelas dan memperoleh penanganan tepat. Karena jika tidak diperiksakan, bisa terjadi komplikasi dan pastinya berbahaya bagi nyawa Anda sendiri.

Komplikasi dari penyakit jantung

Ketika sudah semakin parah dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Bisa menimbulkan komplikasi-komplikasi lainnya, dimana jika hal ini terjadi tentunya akan berbahaya. Berikut adalah beberapa komplikasi yang dapat terjadi :

  • Gagal jantung

Kondisi ini terjadi ketika jantung tidak dapat memompa darah untuk jumlah yang cukup ke semua bagian tubuh. Keadaan ini bisa muncul saat terjadi infeksi jantung, penyakit jantung hingga kelainan pada jantung lainnya.

  • Serangan jantung

Kondisi ini dapat muncul ketika ada pembekuan darah pada aliran ke arah jantung, dimana sebelumnya sudah rusak di bagian otot atau pernah mengalami penyempitan.

  • Henti jantung

Ketika jantung berhenti secara mendadak, pengidap akan kehilangan kesadaran dan tidak dapat bernapas dengan normal. Bahkan ketika fenomena ini terjadi, pengidap bisa kehilangan nyawa apabila tidak segera mendapatkan penanganan medis.

Anda juga harus tahu bila penyakit jantung dapat memicu terjadinya suatu penyakit yang disebut stroke iskemik, dimana kondisi pembuluh darah bagian arteri di otak tersumbat. Hal itu membuat otak Anda tidak memperoleh aliran darah.

Intinya semakin Anda cepat mendapatkan pertolongan secara medis, maka peluang hidup dan sembuh juga semakin besar. Jangan pernah menunda walau rasa atau gejala yang dirasakan dianggap tidak mungkin penyakit jantung.