Cara Menghilangkan Mual Akibat Asam Lambung Secara Alami

Asam lambung adalah salah satu zat yang sangat penting dalam tubuh, dimana fungsinya adalah agar makanan dapat dicerna. Tapi, ketika tubuh memproduksi asam lambung dalam jumlah berlebih, maka akan berakibat buruk untuk tubuh. Rasa sakit dan mual pun akan dirasakan oleh penderita asam lambung berlebih, bahkan ada yang bisa menyebabkan kerusakan pada lambung. 

Maka daripada itu, penyakit asam lambung harus diobati secepatnya. Selain mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter, asam lambung juga dapat diatasi dengan cara alami. Apalagi ketika sedang mengalami mual yang hebat karena asam lambung, maka lebih baik Anda segera melakukan pengobatan agar tidak lebih parah. 

Cara Mengobati Mual Karena Asam Lambung Secara Alami 

Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk bisa menghilangkan rasa mual yang diakibatkan oleh asam lambung. Tentu saja, Anda bisa menggunakan obat yang dijual di apotik, tapi dengan menggunakan obat alami, maka tidak akan terjadi hal buruk bagi tubuh. Berikut ini adalah caranya: 

1. Menggunakan lidah buaya 

Cara pertama adalah dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Tanaman yang satu ini sendiri memang sering dijadikan obat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lidah buaya mampu menurunkan gejala peradangan lambung. Untuk mengkonsumsinya sendiri sangatlah mudah, Anda bisa memisahkan daging lidah buaya. Kemudian dicuci lalu dijadikan jus dan minum sebelum Anda makan. 

2. Alang-alang 

Pasti Anda kaget ketika mendengar alang-alang atau sering kita kenal sebagai ilalang yang merupakan tanaman liar bisa mengatasi rasa mual saat asam lambung sedang naik. Pada ilalang terdapat kandungan arundoin, glukosa, citric acid, cylindrin, mannitol dan lain sebagainya. Dimana zat-zat tersebut mampu mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk asam lambung. 

3. Teh Chamomile 

Minum minuman hangat seperti teh chamomile dapat membantu untuk menurunkan asam lambung. Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat meminum teh ini satu jam sebelum Anda tidur. Teh chamomile mampu memberikan efek yang sangat baik agar mual karena asam lambung dapat berkurang. 

Tidak hanya itu saja, teh yang satu ini juga mampu menenangkan pikiran sehingga stress yang seringkali menjadi penyebab produksi asam lambung dapat hilang. Teh chamomile sendiri sangatlah mudah untuk Anda dapatkan. Karena sekarang ini banyak sekali supermarket yang menjualnya. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa mencampurkan madu agar teh lebih nikmat. 

4. Buah-buahan 

Buah adalah jenis makanan yang memiliki manfaat sangat baik untuk tubuh. Anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis buah yang dipercaya bisa menurunkan asam lambung, sehingga mual pun akan berkurang. Ada banyak sekali jenis buah yang bisa membantu mengatasi asam lambung, sebut saja pisang atau apel. 

Kedua jenis buah tersebut memiliki kandungan antasida yang berguna untuk mengurangi gejala asam lambung. Untuk Anda yang memilih apel untuk dijadikan obat alami, ada baiknya memakan apel sebelum tidur. Buah yang satu ini akan menjaga kadar asam lambung agar tetap stabil saat tidur. 

Cara Mencegah Asam Lambung 

Penyakit asam lambung sendiri disebabkan oleh beberapa hal, seperti pola makan yang tidak teratur serta tidak bisa kelola stress. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar supaya bisa mencegah kena asam lambung. Berikut ini adalah caranya: 

1. Atur waktu makan 

Cara pertama sudah pasti dari mengatur waktu makan. Kebanyakan penyebab penyakit asam lambung adalah dari pola makan yang kurang dijaga atau waktunya tidak beraturan. Untuk mencegah agar asam lambung tetap stabil, maka lebih baik Anda buat jadwal makan secara yang konsisten. Selain itu, hindari makan sebelum tidur karena hal tersebut dapat membuat asam lambung menjadi naik ketika Anda sedang tidur.. 

2. Porsi makan juga harus diperhatikan 

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan porsi yang dimakan. Pastikan Anda makan dengan jumlah secukupnya. Jangan terlalu banyak. Makan dalam porsi sedikit tapi sering adalah cara yang lebih baik ketimbang harus sekali makan dalam porsi besar. 

4. Hindari rokok dan alkohol 

Rokok dan minuman beralkohol juga harus Anda hindari jika ingin terbebas dari asam lambung. Baik rokok dan minuman beralkohol tidak akan memberikan efek baik pada kondisi lambung. Bahan bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi apabila tidak dihentikan secepatnya. 

5. Sebisa mungkin kurangi makanan bersantan atau berlemak 

Makanan yang mengandung santan atau berlemak adalah salah satu faktor Anda terkena sakit asam lambung. Hal ini karena makan makanan tersebut akan membuat lambung menjadi lebih panas. Apabila Anda ingin makan yang berlemak dan mengandung santan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat lambung atau diimbangi dengan bahan alami yang tadi sudah disebutkan. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi mual yang diakibatkan oleh asam lambung. Sebenarnya asam lambung bisa Anda atasi dengan mudah bila menjalankan pola hidup yang sehat. Selain itu mengatur stress juga menjadi kunci utama agar asam lambung tidak berlebihan.