Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Saat Puasa

Siapa yang tak seneng dengan adanya Bulan Ramadhan? Bulan yang penuh berkah dan ampunan ini kehadirannya akan selalu dinanti oleh kaum muslimin di Dunia. Bulan Ramadhan ada beberapa kegiatan ibadah yang dilakukan umat muslimin yakni sholat taraweh, nuzulul qur’an dan utamanya adalah berpuasa.

Dirangkum dan dilansir dari berbagai sumber berikut ini cara alami menghilangkan bau mulut tak sedap saat puasa tentunya punya ragam makna. Apakah anda penasaran? Yuk mari simak bersama!

Beberapa hal yang menjadi faktor mulut bau saat sedang berpuasa :

  1. Jenis makanan yang telah dikonsumsi sewaktu sahur berbau yang menyengat.
  2. Sewaktu berpuasa  produksi air liur (saliva) berkurang kondisi seperti ini mengakibatkan kekeringan pada mulut tidak ada asupan makan dan minum di mulut sehingga oleh sebabnya bakteri yang berada di tubuh kita berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan rasa bau yang tidak enak di dalam mulut. Hal tersebut atas hasil dari yang disebut fermentasi aneorobik dilakukan oleh bakteri streptococusss mutan, stapilococcus, pseudomonas dan e.coli. Proses yang dilakukan oleh bakteri tersebut nantinya dapat memproduksi senyawa belerang yakni metil merkaptan, hidrogen sulfide, serta dimetil sulfide.  
  3. Sebab lain dari berbaunya mulut saat berpuasa bisa jadi karena adanya penyakit yang diderita seperti maag refluks asam lambung dan gastritis atau punya sakit diabetes.
  4. Saat perut sedang kosong asam yang berada di lambung meningkat dan menyebabkan penguapan lewat rongga mulut sehingga menimbulkan bau yang tak sedap.
  5. Kebersihan yang tak terjaga dengan baik di area mulut.
  6. Adanya kondisi kesehatan yang menurun
  7. Lifestyle yang tidak baik seperti minum alkohol dan merokok.

Nah berikut ini, kami berikan tips cara – cara yang cukup bisa menetralisisir serta menghilangkan bau tak sedap dikala berpuasa yakni sebagai berikut :  

  • Santap Sahur dengan Makanan Segar Tak Menyengat

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu penyebab bau tak sedap di mulut saat anda berpuasa adalah karena kita makan sahur atau berbuka dengan makanan yang berbau menyengat tajam seperti jengkol, bawang bombai, bawang merah, kacang, petai dan lain macamnya. Hal tersebut mempengaruhi bau saat anda berpuasa. 

  • Membersihkan Mulut dengan Sikat Gigi yang Rajin dan Baik

Membersihkan gigi atau menyikat gigi sewaktu berpuasa yang waktunya baik adalah ketika setelah kita makan sahur lebih baik kita membersihkan mulut dan menyikat gigi dengan baik. Dapat kita ketahui bersama menggosok gigi secara rutin dapat menghilangkan plak atau kerak dalam gigi yang menimbulkan bau tak sedap; kemudian dapat mencegah terjadinya sariawan sampai dapat menghilangkan bakteri yang dapat menimbulkan bau mulut yang tak sedap.

  • Rajin Membersihkan Lidah

Lidah merupakan tempat berkumpulnya bakteri – bakteri untuk itu disarankan ketika meyikat gigi alangkah baiknya jika anda turut serta membersihkan keadaan lidah anda.

  • Berkumur dengan Obat Kumur

Untuk menjaga kesegaran mulut kita selama bulan Ramadhan disarankan untuk anda membersihkan mulut dengan obat kumur seperti listerine tentunya dengan aturan dosis yang berlaku.

  • Memilih Mengkonsumsi Makanan yang Sehat 

 Selama kita dalam masa berpuasa alangkah baik jika kita selalu mempersiapkan makanan yang sehat untuk kesegaran tubuh kita dan juga untuk mencegah bau tak sedap yang muncul dari rongga mulut.

  • Berkumur 

Dalam bulan Ramadhan, kita juga menjalankan ibadah wajib lainnya seperti shalat lima waktu, sewaktu melakukan wudhu berkumur dengan baik dan benar sehingga membersihkan bau mulut tak sdap dan menghilangkan kotoran yang berada di dalam mulut.

  • Meminum Air Putih yang Banyak

Di waktu sahur anda harus mempersiapkan air putih yang banyak agar anda tidak terkena dehidrasi pada tubuh anda selama menjalankan puasa sehari penuh minimal satu liter sewaktu sahur dan berbuka puasa. Jika kita kekurangan cairan hal tersebut juga akan menyebabkan ketidaknyamanan pada rongga mulut sehingga menimbulkan bau yang tak sedap.

  • Tak Merokok Setelah Sahur

Seperti yang disebutkan diatas penyebab salah satu bau mulut tak sedap adalah kegiatan merokok oleh sebab itu disarankan untuk tidak merokok atau berhenti merokok.

  • Kurangi Makanan yang Lengket

Makanan yang lengket itu seperti es cream, coklat, kue kue basah. Makanan  tersebut dapat menyulitkan untuk membersihkan gigi dan mulut.

  • Hindari Tidur Lama dan Berolahraga dengan Teratur

Tidur lama sewaktu berpuasa akan memicu bau mulut yang tak enak untuk itu hindarilah tidur dalam waktu yang lama. Jika sempat dan longgar berolahragalah dengan teratur meski porsi olahraga tidak berat.

Nah, itulah tadi kita sudah bahas tentang tips – tips mencegah bau tak sedap selama kita berpuasa, semoga bermanfaat..