Bahaya Kanker Prostat bagi Pria Buncit

Bahaya Kanker Prostat bagi Pria Buncit

Mungkin beberapa pria menganggap buncit pada perut seiring dengan bertambahnya umur merupakan hal yang wajar. Tak jarang pula mereka membiarkan hal tersebut meskipun perutnya semakin buncit dan membesar. Padahal, harus Anda tahu jika semakin membesar lingkar pinggang pria, maka semakin besar juga resiko kematian karena kanker prostat. 

Hal tersebut sudah dijelaskan pada studi baru mengenai hubungan antara penyakit terutama pada laki-laki dan obesitas. Dikutip dari cnnindonesia.com, para ahli telah memeriksa seluruh studi relevan yang sudah pernah dirilis. Hal tersebut mencakup 2,5 juta laki-laki dan menganalisis data terbaru di 200.000 lebih laki-laki di inggris. 

Penelitian yang dirilis pada Jurnal MBC Medicine tersebut mendapati setiap kali adanya peningkatan 5 poin pada indeks massa tubuh, maka resiko kematian karena kanker prostat juga naik menjadi 10%. 

Menurut Aurora Perez-Cornago selaku ahli epidemiologi nutrisi dari Oxford University yang juga memimpin dalam penelitian itu mengungkapkan bila laki-laki bisa menurunkan 5 poin dari indeks massa tubuhnya, maka kematian karena kanker dapat berkurang sampai 1.300 orang per tahunnya. 

“Pesan utamanya yaitu, dimohon untuk para laki-laki, pertahankanlah berat badan sehatnya,” ungkapnya. 

Anda harus tahu jika kanker prostat memang telah menghantui banyak pria. Dikutip dari Daily Mail, terdapat 11.900 pria di Inggris yang meninggal per tahunnya sebab menderita kanker prostat. Pada pria pun dianjurkan mempunyai lingkar pinggang hanya 92 cm saja. 

Lingkar pinggang dipakai menjadi ukuran obesitas dan skor BMI sebab bisa memperlihatkan jumlah lemak yang ada pada organ manusia. Lingkar pinggang yang semakin kecil, maka semakin kecil pula resiko pria terserang kanker prostat. 

Nah, setelah membaca ulasan di atas, tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Untuk itu, Anda harus tahu cara untuk mengecilkan perut buncit berikut ini. 

Tips untuk Mengecilkan Perut Buncit untuk Menghindari Kanker Prostat 

Untuk mengecilkan perut demi terhindar dari kanker prostat tentunya mengatur gizi dalam makanan tidaklah cukup. Anda harus mengimbangi hal tersebut dengan rajin berolahraga sehingga lemak didalam perut terbakar. Di bawah ini ada sejumlah tips yang dapat Anda coba untuk menghilangkan perut buncit. 

  • Rajin berolahraga 

Cara supaya perut Anda bisa rata kembali yaitu rajinlah berolahraga. Hal tersebut dikarenakan lemak pada tubuh Anda yang sudah menumpuk akan terbakar jika berolahraga. Tidak hanya membakar lemak saja, Anda pun bisa menjadi lebih sehat dan bugar sehingga terhindar dari kanker prostat. 

Cobalah untuk berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Anda dapat mencoba olahraga seperti sit-up, jogging atau berjalan santai mengelilingi komplek. Jika hal tersebut dilakukan secara rutin, maka bisa meningkatkan denyut jantung dan tidak lupa mengecilkan perut Anda. 

Bahaya Kanker Prostat bagi Pria Buncit

  • Konsumsi serat dan protein 

Bukan hanya berolahraga saja, Anda dapat mulai banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein untuk mengecilkan lingkar pinggang. Serat bisa membantu Anda untuk lebih lama merasa kenyang sehingga Anda dapat mengurangi makan. 

Selain itu, serat juga menjaga fungsi pada sistem pencernaan Anda yang bisa mengurangi perut tampak kecil dan perut kembung. Lalu, protein akan membantu tubuh untuk memperbaiki jaringan otot. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan adanya penelitian dari Nutrition and metabolism. 

Penelitian tersebut mengungkapkan jika orang yang banyak memakan protein seperti daging, telur, dan susu mempunyai lemak perut yang rendah. 

  • Hindari makanan karbohidrat olahan 

Selain meningkatkan asupan serat dan protein, Anda pun harus menghindari makanan olahan dari karbohidrat. Sebab karbohidrat adalah sumber energi untuk tubuh, namun tidak seluruh jenisnya bagus untuk tubuh Anda. Banyak mengonsumsi karbohidrat olahan seperti gula bisa meningkatkan lemak pada tubuh. 

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengkonsumsi sumber karbohidrat yang bagus untuk tubuh seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. 

  • Mulai latihan ketahanan 

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit yaitu latihan ketahanan. Jenis olahraga ini diyakini cocok untuk Anda yang sedang mengurangi kalori, namun tidak ingin massa ototnya mengurang. 

Hal tersebut disebabkan oleh peningkatan massa otot pun bisa membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak walaupun Anda sedang beristirahat. Latihan yang bisa Anda lakukan seperti: lunges, squat atau angkat beban. 

  • Penuhi lebih banyak kebutuhan cairan 

Jika Anda terbangun dalam kondisi perut membesar daripada sebelumnya, bisa jadi Anda makan sangat banyak di malam hari. Tidak perlu cemas sebab Anda dapat memperoleh perut rata seperti sebelumnya dengan banyak meminum cairan. 

Mengkonsumsi cairan seperti air putih, smoothies, jus, dan sejenisnya ketika sarapan bisa membantu untuk mengecilkan perut buncit Anda. Hal tersebut juga bisa membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh sehingga Anda tidak sembelit. 

Nah, itu dia ulasan tentang bahaya kanker prostat untuk pria buncit dan tips untuk mengecilkan perut sehingga Anda terhindar dari kanker prostat. Semoga ulasan di atas bisa menjadi pengetahuan baru dan bermanfaat untuk Anda.