6 Tips Aman Transaksi Menggunakan Digital Banking

digital banking

Menggunakan e-banking memang memberikan banyak kemudahan, karena sangat praktis untuk melakukan berbagai pembayaran dengan sangat cepat. Tidak heran banyak masyarakat memilih dan menggunakannya untuk berbagai aktivitas yang ada. Dengan demikian digital banking termasuk salah satu kebutuhan yang wajib untuk dimiliki sekarang ini. 

Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena apabila Anda tidak hati-hati akan ada banyak bahaya yang mengintai. Salah satunya yang banyak merugikan masyarakat luas adalah tindakan kejahatan siber yang telah banyak menelan korban. Dalam tahap ini agar transaksi digital Anda tetap aman, maka kami akan memberikan beberapa tips menarik untuk dipahami. 

Aman Transaksi Digital Banking

1. Jangan Pernah Beri PIN atau OTP 

Banyak kasus yang membuat nasabah mengalami kecolongan adalah dengan memberikan atau membagikan PIN atau one time password yang sebenarnya bersifat personal. Dengan demikian jangan pernah Anda memberikannya kepada orang lain. Karena apabila Anda membagikannya, maka akun bank Anda sudah sangat rental untuk dibobol. 

Dengan begitu pastikan Anda tidak pernah membagikannya, kecuali kepada orang-orang terdekat dan sudah sangat dipercaya. Tetapi untuk orang lain, lebih baik untuk hindari membagikannya. Karena apabila Anda tidak waspada ada banyak bahaya yang akan mengintai diri Anda, sehingga Anda harus benar-benar memperhatikannya dengan seksama. 

2. Rutin Mengganti Password 

Mungkin dari Anda malas untuk mengganti password setiap saat secara rutin, karena membuat Anda akan selalu lupa dan tidak mengingatnya. Beberapa permasalahan inilah yang menjadi alasan masyarakat untuk tidak rutin menggantinya. Padahal apabila Anda sering melakukannya akan ada banyak keuntungan yang didapatkan, termasuk tidak mudahnya dibobol oleh orang. 

Dengan rutin mengganti dan membuat PIN yang baru orang lain sebelumnya mengetahuinya akan tidak bisa mengaksesnya kembali. Hal ini sebagai bentuk pencegahan yang paling baik dan tepat, tetapi pastikan ketika ingin atau hendak menggantinya Anda harus ingat angka yang ada tersebut, karena jika salah terus kartu atau e-banking Anda akan terblokir. 

3. Meminimalisir Penggunaan Wifi Publik

Menggunakan wifi publik beranggapan membuat Anda akan jauh lebih hemat, tetapi penggunaan wifi secara bebas tersebut ada banyak bahaya yang mengintai. Hal ini tentunya perlu Anda antisipasi dan meminimalisir penggunaannya. Karena dengan Anda tersambung dengan wifi publik tersebut, orang-orang tidak bertanggung jawab mudah mengaksesnya. 

Apalagi jika dalam perangkat Anda mempunyai banyak menggunakan transaksi online membuat aplikasi tersebut rentan untuk disusupi. Oleh karena itu, lebih baik Anda untuk tidak menggunakannya sama sekali atau lebih baik menunda terlebih dahulu dibandingkan dengan beberapa resiko yang ada, hal ini tentunya membuat Anda harus tetap waspada. 

4. Selalu Aktifkan Notifikasi 

Hal ini menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk dipahami, dengan memberikan notifikasi melalui SMS atau email membuat transaksi digital Anda akan jauh lebih aman. Sebab Anda bisa memantau pergerakan uang yang Anda miliki tersebut. Dengan demikian hal ini menjadi sangat penting untuk dipahami dan diketahui dengan sangat jelas. 

Pada tahap ini adanya notifikasi tersebut jika Anda beberapa kegiatan yang dirasa mencurigakan dan akan merugikan Anda lebih cepat menghubungi pihak bank. Sehingga bank yang bersangkutan akan memblokir terlebih dahulu rekening bank Anda tersebut, tentunya hal ini sebagai bentuk pencegahan agar orang lain tidak bisa mengaksesnya. 

5. Aplikasi Resmi 

Sekarang ini ada banyak aplikasi yang bertebaran di internet, sehingga Anda harus benar-benar bisa memilih dan menggunakan produk yang resmi dan terpercaya. Tentunya menggunakan aplikasi langsung dari bank nya tersebut. Hal ini benar-benar harus bisa diperhatikan dan dimanfaatkan dengan jelas untuk bisa memahaminya. 

Jangan sampai Anda salah dalam menginstal atau memasangnya dalam perangkat Anda, sebab sekarang ini ada banyak aplikasi palsu yang hampir sama. Karena hal ini dipengaruhi oleh kemajuan dan kecanggihan zaman yang membuat semua orang bisa memanfaatkannya dengan maksimal dan menyeluruh untuk melihat kebutuhan tersebut. 

6. Menghilangkan Jejak 

Apabila Anda hendak untuk mengganti dan menjual perangkat yang Anda miliki tersebut lebih baik untuk menghapus dan menghilangkan semua jejak laporan keuangan yang ada. Dalam tahap ini sangat penting untuk dilakukan agar beberapa data penting dalam perangkat Anda tersebut tidak diketahui dan dipahami oleh para pengguna yang baru. 

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak salah dalam memilihnya, sehingga jangan sampai Anda sembarangan dalam menyerahkannya. Lebih baik untuk perangkat lama benar-benar di setting awal, karena membuat beberapa data lama yang tersimpan tidak lagi terpasang dan membuat Anda bisa melihat serta menikmatinya secara keseluruhan. 

 

Nah, itulah beberapa tips aman untuk Anda yang menggunakan digital bank untuk memenuhi berbagai kegiatan transaksinya. Dengan memahami beberapa tips nya tersebut membuat Anda akan jauh lebih waspada kedepannya. 

Download: Aplikasi Digital Banking Senyumku