12 Manfaat Habbatussauda untuk Menjaga Kekebalan di Bulan Ramadhan

habatussaudah

Jintan hitam atau yang biasa dikenal dengan Habbatussauda merupakan biji dari tumbuhan yang bisa dikonsumsi karena diyakini dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk umat muslim, habbatussauda menjadi sangat spesial karena terdapat hadist yang berkata jika habbatussauda bisa menyembuhkan segala macam penyakit. 

Jika dilihat dari segi medis, ada beberapa fakta studi yang telah membuktikan manfaat untuk kesehatan dari biji yang satu ini. Di dalam habbatussauda terdapat banyak asam amino, vitamin, saponin, protein, minyak atsiri, asam linoleat, natrium, kalsium, kalium, dan zat yang bermanfaat lainnya. 

Mengingat sebentar lagi kita semua akan menjalani ibadah puasa, tidak ada salah nya jika mengkonsumsi habbatussauda untuk menjaga kekebalan tubuh. Biasanya habbatussauda dikonsumsi sebagai suplemen atau juga bisa dicampurkan kedalam makanan sehingga rasanya menjadi lebih lezat. 

Di bawah ini ada beberapa manfaat lain dari habbatussauda untuk kesehatan. 

1. Menurunkan berat badan 

Di dalam habbatussauda terdapat kandungan minyak yang diyakini bisa membantu untuk menurunkan berat badan, sehingga meminimalisir terjadinya obesitas pada tubuh. Namun, tentu saja kamu harus tetap mengimbanginya dengan diet kalori. Percuma jika kamu mengkonsumsi habbatussauda jika tidak melakukan diet. 

2. Menurunkan Kolesterol 

Jintan hitam ini diyakini menjadi salah satu tanaman herbal yang bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Ada analisa dari 17 studi yang dipublikasikan pada jurnal Pharmacological Research 2016 yang menyatakan jika mengkonsumsi minyak habbatussauda bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kadar kolesterol baik, dan menurunkan kadar trigliserida, dibandingkan dengan mengkonsumsi habbatussauda bubuk. 

3. Membantu Pencernaan 

Terdapat kandungan minyak atsiri di dalam habbatussauda yang bisa menyembuhkan gangguan sistem. Sehingga tidak heran lagi jika ekstrak dari habbatussauda ini sering digunakan saat sakit perut untuk mengurangi gas yang ada di dalam perut dan juga bisa untuk meredakan rasa kembung. 

4. Memiliki sifat anti kanker 

Walaupun memerlukan studi lebih lanjut, sejumlah peneliti berhasil menemukan jika habbatussauda sendiri memiliki sifat anti kanker. Karena di dalamnya terdapat kandungan timokuinon (Thymoquinone) yang bisa memberikan efek anti kanker dan bisa mengurangi skala dari tumor ganas yang berada di dalam tubuh. 

5. Meringankan gejala asma 

Manfaat selanjutnya jika mengkonsumsi habbatussauda adalah bisa meringankan gejala asma. Penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi obat asma dibarengi dengan habbatussauda bisa mempercepat proses penyembuhan gejala asma. Beberapa gejala asma seperti sesak napas dan batuk pun bisa diobati dengan mengkonsumsi secara rutin habbatussauda. 

6. Melawan virus dan bakteri 

Pada Journal of Ayub Medical College Abbottabad 2008 menyatakan jika kandungan dalam habbatussauda bisa menghambat pertumbuhan dari MRSA. Selain itu, habbatussauda juga dapat menghilangkan hepatitis C, virus penyebab flu, hingga HIV. Karena memiliki efek antimikroba yang mampu membuat melawan penyakit dengan cara menghambat pertumbuhan virus, bakter, hingga jamur. 

7. Menutrisi kulit 

Kandungan vitamin E, asam limonet, dan antioksidan dalam habbatussauda bisa meregenerasi sel-sel kulit dengan cepat sehingga kulit bisa mendapatkan nutrisi yang cukup serta menjaga kesehatannya. Selain itu, bisa juga untuk menangkal radikal bebas. 

8. Meredakan rematik

Seperti yang kita ketahui jika hati adalah organ vital yang wajib kita jaga supaya bisa tetap berfungsi dengan baik. Sejumlah riset yang telah dilakukan pada hewan terbukti jika biji jintan hitam bisa membantu untuk melindungi hati dari kerusakan maupun cedera. 

9. Mengurangi peradangan 

Peradangan adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Karena, peradangan kronis bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes dan kanker. Diketahui jika habbatussauda mempunyai kandungan anti inflamasi yang kuat sehingga bisa membantu mengurangi gejala peradangan.

10. Menjaga kadar gula darah 

Jika kadar gula darah dalam tubuh kita terlalu tinggi, maka bisa menimbulkan beberapa penyakit komplikasi, seperti gagal ginjal, stroke, jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. 

Menurut penelitian mengatakan jika biji jintan hitam bisa membantu untuk menjaga gula darah menjadi stabil, jadi bisa mencegah komplikasi serta penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan oleh gula darah. 

11. Mencegah jerawat 

Ramuan dari minyak habbatussauda dan jeruk nipis dipercaya bisa untuk mencegah timbulnya jerawat. Hal tersebut karena adanya penelitian yang menyatakan jika habbatussauda memiliki sifat kuat yang bisa meredakan peradangan ataupun inflamasi. 

Kamu bisa menggunakan ramuan ini dengan mengoleskannya di kulit secara rutin du kali sehari. 

12. Penawar racun 

Terakhir yaitu habbatussauda bisa menjadi penawar racun karena memiliki kandungan saponin yang berguna untuk menangkal racun yang ada di dalam tubuh dan juga darah. 

Itulah beberapa manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Memang sebagian masih memerlukan penelitian yang mendalam untuk mengetahui efektivitasnya. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat herbal ini. Hal tersebut penting sekali karena demi menghindari efek samping dari penggunaannya.