Waktu yang Tepat untuk Berjemur beserta Manfaatnya

berjemur

Pagi hari menjadi waktu yang sangat tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari waktu tersebut lah sinar matahari masih belum terlalu terik sehingga Anda dapat memperoleh manfaat gratis untuk kesehatan tubuh Anda. Sinar matahari pagi memiliki sinar UV atau biasa dikenal dengan ultraviolet yang akan menyentuh ke permukaan kulit dan akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. 

vitamin tersebut diperlukan untuk menjalankan fungsi dari Imunitas tubuh, metabolisme kalsium, dan membantu penyebar kerja otot dengan saraf. Itu, Anda disarankan untuk berjemur selama 15 min saja di waktu yang tepat yaitu sebelum pukul 10 pagi dan dilakukan secara rutin selama dua atau tiga kali dalam seminggu.Anda juga harus mengetahui  manfaat dari sinar matahari bagi kesehatan kulit seperti berikut ini.

Manfaat Sinar Matahari

Seperti yang kita ketahui jika tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri vitamin D.  Apalagi kandungan di dalam vitamin D yang ternyata sangat terbatas karena hanya dari jenis-jenis makanan tertentu saja. Cara yang mudah dan praktis untuk mencukupi asupan vitamin D yaitu dengan memanfaatkan Pancaran sinar matahari yang ada di pagi hari. 

Cukupnya asupan vitamin D untuk tubuh bisa membantu untuk menghindari tubuh dari penyakit tuberkulosis, rheumatoid, arthritis, diabetes type 1, multiple sclerosis dan osteomalacia. Kurangnya vitamin D untuk anak anak bisa menimbulkan penyakit rakitis. Dijemur di bawah sinar matahari pada pagi hari dia kini bisa mengurangi resiko kena virus Corona, walaupun hal tersebut masih memerlukan pembuktian yang lebih dalam.

Tidak hanya itu saja, sinar matahari juga memiliki peran penting untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Organisasi kesehatan dunia atau WHO takan jika paparan sinar matahari bisa mengatasi beberapa kondisi kulit. Selain itu, beberapa dokter juga menyarankan radiasi sinar UV untuk membantu menangani eksim, kulit berjerawat, psoriasis dan sakit kuning. Meskipun demikian, terapi radiasi sinar UV ini tidak bisa bukan oleh seluruh penderita. Anda harus konsultasikan hal tersebut dengan dokter kulit yang ahli.

Pun begitu, lebih baik anda menghindari untuk berjemur pada pukul 10.00 pagi hingga 16.00 sore sebab bisa menimbulkan kerusakan pada kulit dan meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit. Untuk perlindungan gunakan pakaian lengan panjang, gunakan topi, kacamata anti UV dan celana panjang yang bisa membantu untuk meminimalisir terpaparnya kulit dari sinar matahari. Juga dianjurkan untuk berlindung dibawah atap atau bisa juga menggunakan payung saat matahari sedang terik.

Tips untuk berjemur

Hanya itu saja, lindungi juga kulit Anda dari sinar matahari dengan mulai untuk menggunakan produk yang memiliki kandungan untuk melindungi dari sinar matahari. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan berbagai produk lotion yang di dalamnya mengandung sun protection factor/SPF.

SPF akan memberitahu pengguna mengenai seberapa lama kulit bisa terkena sinar UV sebelum terbakar apabila dibandingkan dengan tidak memakai lotion ber SPF. Contohnya saja seperti, bila diperlukan 150 min sampai kulit terbakar memakai lotion SPF, dan hanya selama 10 min saja tidak menggunakan lotion SPF, maka SPF lotion tersebut yaitu 150: 10 = 15 menit. Lotion hanya bisa memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari sebesar 97% di SPF 24, dan hanya bisa melindungi 98% untuk SPF 50 ke atas. 

Lotion SPF juga dianjurkan untuk dipakai saat menggunakan lotion pemutih badan. Disarankan mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter kulit yang sudah ahli sebelum memakai handbody pemutih. 

Berikut ini terdapat tips yang dapat Anda gunakan agar lebih nyaman untuk dijemur di bawah sinar matahari.Pakailah lotion kulit untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang setidaknya mengandung SPF 24 ataupun di atasnya.

  1. Gunakan lotion SPF antara 20 sampai 30 min sebelum anda keluar rumah. Hal tersebut dilakukan supaya tersedia waktu yang cukup untuk kulit dapat menyerap lotion dan bekerja dengan efektif.
  2. Jangan lupa Anda harus memperhatikan masa kadaluarsa dari produk lotion yang anda pakai supaya khasiatnya tetap bisa Anda rasakan dan terjamin.
  3. Simpan lotion SPF pada tempat yang sejuk dan hindari dari Sorotan secara langsung sinar matahari.
  4. Jangan lupa juga, jika lotion SPF hanya bisa melindungi kulit dari teriknya matahari untuk beberapa waktu saja. Dengan kata lain, jangan lupa untuk selalu Mengoleskan kembali lotion ber SPF setelah beberapa jam apabila anda masih berada di luar ruangan. Disarankan untuk anda mengulang pemakaian lotion tersebut setiap 2 jam sekali, berkeringat banyak, menggunakan handuk, dan setelah berenang.

Tidak hanya untuk menyehatkan saja sinar matahari pagi juga di mampu untuk memberikan rasa Bahagia. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya produksi hormone kebahagiaan atau biasa disebut dengan serotonin. Jadi Anda tidak perlu takut ini dengan sinar matahari pagi. Selamat mencoba!