Tips Optimasi SEO Youtube

tips seo youtube

daron.info – Layaknya seperti Google, pada Youtube Anda diharuskan untuk mampu dan memenangkan persaingan hasil pencarian video. Target Anda adalah harus berada pada level puncak dari hasil pencarian video Youtube tersebut. Lantas, Bagaimana untuk bisa memenangkannya? Jawabannya sangat sederhana yaitu pahami SEO Youtube!

Tentunya, ketika Anda mengaplikasikan SEO Youtube yang benar dan tepat, Anda mampu bersaing dan memenangkannya. Terlebih lagi, Anda mampu mendapatkan banyak penonton atau viewers. Nah, bagi Anda yang baru bergerak dibidang social video Youtube dan berharap banyak mendatangkan penonton, maka simak beberapa rangkuman di bawah ini.

Apa Itu SEO Youtube?

Youtube pada dasarnya hampir sama seperti media sosial umum lainnya. Anda dapat menggunakannya sebagai media untuk promosi, branding dan tentunya menghasilkan uang layaknya seperti website. Traffic yang tinggi dan adanya iklan, membuat Youtube mempunyai peluang dalam mendapatkan penghasilan yang bisa dinikmati secara berkala. Terlebih lagi kalau video yang Anda buat memiliki banyak views, berarti penghasilannya akan mengikuti. Begitulah pentingnya untuk memahami SEO Youtube. 

SEO Youtube adalah tindakan untuk mengoptimalisasi video yang dibuat dan diupload di Youtube banyak diakses oleh masyarakat. Sistem kerjanya, maksimalkan dengan keyword atau kata kunci supaya video Anda berada di posisi puncak. Youtube layaknya Google, semua video dapat Anda temukan berdasarkan kata kunci tertentu. Alhasil video yang harus diunggah dan dinikmati para penonton tersebut harus mempunyai kata kunci, tag dan lainnya.

tips seo youtube

Jika Anda melakukan SEO Youtube yang baik dan benar, maka besar kemungkinan video yang Anda buat memiliki banyak penonton dan meningkatkan trafic. Terlebih selalu muncul pada hasil pencarian. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat menyimak beberapa poin terkait optimasi SEO Youtube pada pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Peluang Usaha Jasa Buat Logo, Minim Modal Omset Jutaan

Cara Meningkatkan SEO Youtube

Ada beberapa poin yang dapat Anda maksimalkan dan tingkatkan dalam SEO Youtube yang dimiliki, berikut beberapa poin tersebut.

1. Riset Keyword

Kata kunci atau keyword memang harus dilakukan riset yang sistem kerjanya hampir sama seperti di Google. Meletakkan kata kunci atau keyword ini berdasarkan pada beberapa kata tertentu baik dari keyword utama, lanjutan dan sinonimnya.  Berikut beberapa cara untuk melakukan riset keyword, sebagai berikut 

  • Riset Berdasarkan Niche

Apabila Anda ingin menjalankan dan total di Youtube secara profesional, hal utama yang harus lakukan adalah mencari kemampuan yang Anda miliki atau tema yang ingin dibahas. Hal itulah disebut Niche. Ada banyak hal-hal yang dapat Anda buat, baik tema games, otomotif, pariwisata, dan personal vlog. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan keahlian Anda. 

  • Kata kunci diperuntukkan untuk Anda yang baru menjadi Youtuber, sehingga targetnya mendapatkan banyak penonton. Hal ini sudah tidak berlaku untuk Youtuber lama dan memiliki jumlah subscriber yang banyak, tanpa kata kunci khusus pun akan bisa trending. Tetapi, ketika Anda masih baru, maka penting memaksimalkan kata kunci tersebut. Anda dapat memanfaatkan Google Trends yang berguna untuk memaksimalkan video Anda.
  • Analisis Trend

Anda diharuskan untuk selalu up to date supaya dapat mengikuti performa dari Youtube. Jika Anda memperhatikan biasanya selalu ada persamaan antara video trending satu dengan yang lainnya. Hal ini mengartikan bahwa Youtube mempunyai trend nya dan ini bisa digunakan untuk mendapatkan uang. Anda dua cara untuk melihat trend, pertama dengan autocomplete dan dengan Google Trends. 

  • Mengumpulkan Kata Kunci di Google

Hampir sekitar 40 persenan trafic yang masuk ke media Youtube berasal dari pencari Google. Melihat beberapa bagian tersebut sangat besar menjadikan kesempatan buat Anda untuk mengumpulkan berbagai kata kunci berdasarkan niche yang sedang Anda kelolah. Dengan begitu, ranah kerja Anda lebih mudah dan cepat. Tetapi, terpenting Anda harus membuat hasil karya sendiri dan tidak jiplak.

2. Melakukan Promosi Video

Anda dapat menggunakan berbagai platform media lainnya untuk melakukan promosi channel Youtube Anda. Biasanya hal yang paling banyak digunakan pada media sosial Twitter dan Instagram. Anda dapat meletakkan link langsung channel Youtube Anda atau membuat beberapa footage video yang membuat orang penasaran dengan video selanjutnya. Ketika channel Youtube Anda memiliki pengikut yang banyak, tidak ada salahnya untuk berinteraksi dengan pengikut Anda dan apabila memungkinkan buatlah komunitas. Terakhir Anda dapat mengiklankan Channel Anda dengan Google Adsense dan pilih lokasi atau media untuk mengiklankannya.

3. Konten Video Berkualitas

Sebenarnya beberapa teknik SEO Youtube yang Anda lakukan baik dari riset Keyword dan promosi, tentunya Channel Youtube Anda tidak bisa berkembang pesat. Basisnya adalah video, dengan begitu Anda harus membuat konten yang berkualitas dan disukai viewer. Anda perlahan harus memahami berbagai teknik sinematografi yang dapat Anda pelajari terlebih dahulu. Terpenting Anda harus memperhatikan segalanya baik dari editing, durasi video, dan tetap menjaga keaslian atau orisinalitas.

4. Optimalkan Metadata

Dari beberapa poin yang dibahas di atas, Anda pasti masih kebingungan meletakkan beberapa kata kunci yang sudah di riset tersebut. Melalui ini, Anda dapat mengoptimalkannya pada judul, tag, deskripsi, hastag, dan buat thumbnail yang bagus dan menarik.

5. Lakukan Evaluasi

Jangan lupakan untuk mengecek beberapa hal yang sudah Anda jalankan, dengan melakukan evaluasi membuat Anda dapat mengecek beberapa kekurangan yang telah dilakukan. Sehingga, dapat memperbaikinya pada proses penguploadan video selanjutnya. Untuk memudahkan kinerja Anda dalam melakukan analisis dan evaluasi, maka manfaatkan lah tools pendukung seperti Google Analytics tersebut.

Demikianlah beberapa bahasan pada kali ini, semoga beberapa informasi diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk kemajuan Channel Youtube Anda.