Tips Mudah Meningkatkan Kecepatan dan Performa Website

cara meningkatkan kecepatan website

daron.info – Bisnis online sangat  lekat kaitanya dengan website. Tidak sedikit orang yang tidak cukup sabar jika sedang mengunjungi sebuah website. Lebih dari 25% pengguna internet akan keluar dari website yang sedang dikunjungi jika website tersebut tidak terbuka atau terload dalam waktu 4 detik.

Maka dari itu penting untuk meningkatkan Kecepatan dan Performa Website demi menghasilkan keuntungan bagi bisnis kamu. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan performa website yang tidak sulit untuk kamu terapkan.

1. Test Kecepatan Website

Test kecepatan website perlu kamu lakukan dari awal untuk mengetahui seberapa cepat website yang kamu miliki, demi mendapatkan performa yang bagus. Ada beberapa patokan untuk menilai kecepatan suatu website. Jika kecepatan loading website kamu kurang dari 1 detik, maka bisa dikategorikan sangat bagus atau sempurna. 

Jika kecepatan loading website kamu 1-3 detik, dapat dikategorikan di atas rata-rata. Untuk kecepatan 3-6 detik masuk dalam kategori rata-rata, dan jika kecepatan loading website lebih dari 6 detik, maka masuk dalam kategori buruk. Ada beberapa tools untuk mengetahui kecepatan website kamu, salah satu yang akurat adalah GTMetrix.

 2. Memakai Tema Website yang Tidak Terlalu Berat

Tema website yang bagus dan kompleks tidak selalu berujung pada performa yang optimal. Tema yang terlalu rumit dan berat akan sangat mempengaruhi kecepatan dan performa website, loading website kamu akan menjadi lambat. Pemilihan tema yang ringan dan responsive mampu meningkatan kecepatan website yang kamu miliki. 

Kamu tetap bisa memiliki tema website yang sesuai dengan bisnis yang kamu miliki, tetapi dengan ukuran tema yang cukup ringan, sehingga loading website kamu menjadi lebih stabil.

3. Memakai Layanan Hosting yang Tepat

Pemilihan layanan hosting yang tepat akan sangat berpengaruh pada cepat atau lambatnya sebuah website. Saat ada orang yang sedang mengunjungi website kamu, maka kunjungan itu dikirim dari penyimpanan layanan hosting menuju ke browser pengunjung website. 

cara meningkatkan kecepatan website

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih hosting, ada beberapa nama besar dengan biaya yang cukup tinggi, ada juga beberapa layanan hosting dengan biaya murah. Yang terpenting adalah layanan hosting yang kamu pilih bisa dipercaya, sehingga performa website kamu akan selalu optimal.

4. Optimasi Gambar

Gambar yang tajam dan berkualitas tentu sangat menarik bagi sebuah website. Tetapi ukuran gambar yang besar akan memperlambat kecepatan loading sebuah website. Jika kamu tetap menginginkan ukuran gambar yang besar, perlu disesuaikan dengan ukuran yang tersedia pada tiap-tiap CMS. 

Masalah gambar yang tidak optimal ini sering menjadi faktor lambatnya loading sebuah website. Ada beberapa cara atau tools untuk mengoptimasi gambar di website kamu yang bisa digunakan  untuk melakukan kompres gambar menjadi lebih kecil atau ringan tanpa mengurangi kualitas gambar. Beberapa tools tersebut seperti  Imagify, Smush Image Compression dan Ewww Image Optimizer.

Baca Juga : Pengertian SEO Off Page dan Langkah Optimasi

5. Menggunakan Plugin Seperlunya

Jika website yang kamu miliki menggunakan CMS, makan kamu perlu menambahkan dukungan dari plugin agar website kamu lebih optimal. Ada banyak sekali plugin yang tersedia, beberapa plugin bisa mempermudah kamu mendapatkan tampilan yang bagus sampai meningkatkan kecepatan loading website. 

Maka dari itu kamu cukup memilih plugin yang dibutuhkan saja, tidak semua plugin harus atau cocok digunakan pada website yang kamu miliki. Jika website yang kamu miliki itu sebuah toko online, maka pilihlah sebuah plugin dengan fitur yang ditujukan untuk berjualan online, dengan itu bisnis kamu akan sangat terbantu dengan performa website yang bagus. 

6. Menggunakan Embed Video

Jika kamu menggunakan wordpress, jangan langsung upload video di wordpress yang kamu miliki, ini akan sangat berpengaruh memperlambat kecepatan website. Sebagai gantinya, gunakanlah fitur embed. Fitur ini memungkinkan website kamu menampilkan video dari Youtube, Vimeo dan situs hosting lainnya lewat sebuah URl.  

Yang perlu kamu lakukan adalah menempatkan  URL video dalam editor postingan, dan pastikan URL berada di posisi yang tepat tanpa di hyperlink. Keberadaan video yang menarik di website kamu juga bisa meningkatkan jumlah pengunjung.

7. Menggunakan Plugin Cache

Jika seseorang sedang mengunjungi website kamu, maka website akan memanggil database yang akan diteruskan kepada browser si pengunjung. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang setiap ada pengunjung di website yang kamu miliki, tentu ini mempengaruhi kinerja server, jika jumlah pengunjung website sangat banyak, maka kinerja server akan sangat berat. 

Hal tersebut bisa diatasi dan dioptimalkan menggunakan plugin cache. Cara kerja plugin tersebut adalah dengan menampilkan  halaman statis dari setiap artikel dalam sebuah website. Halaman statis yang dihasilkan oleh plugin tersebut tidak membebani kinerja server, sehingga loading website akan lebih cepat.

Nah itu tadi beberapa cara mengoptimalkan dan menambah kecepatan loading sebuah website, kamu bisa langsung mencoba atau menerapkan di website yang kamu miliki, selamat mencoba.