Tips Mengetahui Biaya SEO

tips mengetahui biaya seo

daron.info – Mencari jasa SEO yang terjangkau dan memiliki potensi yang bagus untuk perkembangan bisnis tentunya sangat penting untuk dipertimbangkan. Hal ini menyangkut keberlangsungan bisnis dalam melakukan beberapa hal, termasuk didalamnya adalah promosi. Tentu, dalam pemberian harganya pun berbeda-beda. 

Dalam menghitung biaya SEO dalam bisnis itu perlu dipertimbangkan beberapa hal dan berdasarkan dari keinginan klien. Proses penentuannya dilakukan dengan berbagai riset dan tidak semuanya bisa sama ratakan. Oleh karena itu, sebagai praktisi SEO seharusnya dapat menjelaskan kepada klien mengenai hal-hal yang dibutuhkan. 

Menghitung Biaya Jasa SEO

Pada prosesnya pihak praktisi harus memahami terlebih dahulu mengenai hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh klien untuk meningkatkan websitenya. Dengan begitu, pihak dari penyedia jasa SEO dapat melakukan analisis dan menentukan biaya untuk kemajuan bisnis Anda. 

Nah, berikut beberapa faktor dalam mempengaruhi harga SEO, sebagai berikut

1. Riset Kata Kunci atau Keyword

Ketika klien meminta pengoptimalan keyword atau kata kunci, maka pihak penyedia jasa SEO melakukan riset terlebih dahulu. Dengan melakukan riset ini dapat menemukan potensi terbaik dan memiliki jumlah penjualan pada produk atau jasa dari bisnis Anda. Hasilnya, pihak jasa SEO akan melihat jumlah pencarian dan mencocokannya pada saat riset dilakukan. 

Untuk hal ini membuat harga jasa SEO itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak bisa dipukul semuanya. Dalam hal ini, untuk keywordnya saja membutuhkan analisis terlebih dahulu supaya dapat mendongkrak kemajuan website Anda dan mampu berada di posisi puncak. 

2. Melakukan Analisis Pesaing

Perlunya melakukan pengecekkan terlebih dahulu terkait website kompetitor atau pesaing, sebelum mengerjakan website yang Anda minta. Hal ini untuk mempelajari dan menganalisis mengenai kemampuan pesaing agar bisa berada di halaman utama tersebut. Dengan melakukan hal ini, maka dapat dihitung berapa biaya untuk jasa SEO.

Tetapi, semuanya dilakukan dan didasarkan pada tingkat kesulitannya. Karena, melakukan analisis itu tidak bisa dilakukan dengan hitungan jam saja, tetapi butuh seharian bahkan lebih. Dengan begitu, Anda sebagai klien diharuskan untuk bersabar dan tidak terburu-buru dalam mengetahui harga untuk pengoptimalan website Anda lewat jasa SEO. 

Baca Juga : Menjelaskan Fungsi SEO dan Meningkatkan Brand Awareness

3. Adanya Faktor Lainnya

Dua poin diatas merupakan bagian yang biasanya dilakukan para jasa SEO sebelum memulai dan menentukan harga yang ditentukan untuk mengelolah website Anda.

tips mengetahui biaya seo

Tetapi, ada juga faktor yang berada diluar itu semua dan semuanya harus diperhitungkan sebelum mematok harganya. 

Lantas, Berapa Harga Jasa SEO?

1. Harga Keyword

Secara umum hal ini kembali lagi pada tingkat kesulitan dan optimalisasi dalam pencarian keywordnya. Pada prosesnya untuk menentukan kata kunci itu terbagi 3 bagian, yaitu mudah, sedang, dan sulit. Dengan begitu, semuanya harus dipastikan terlebih dahulu dan perlu pengukuran untuk mengetahui kesulitannya, supaya hasilnya dapat memuaskan. Biasanya harga yang sering dikeluarkan untuk keyword ini berkisar 300 ribu sampai 1 jutaan.

2. Harga Per Bulan

Untuk paket ini untuk perusahaan yang telah memahami pentingnya kehadiran praktisi SEO untuk kemajuan bisnis dan websitenya. Daripada harus menghabiskan uang dengan menggaji karyawan SEO dan hasilnya belum terlalu memuaskan, maka mereka lebih tertarik memakai jasa praktisi SEO. Dengan kontrak perbulan, Anda dapat lebih leluasa untuk belajar dan mengoptimalkan website yang Anda miliki sekarang. Harganya kisaran 1 juta sampai 5 jutaan untuk perbulannya. 

Mengenal Beberapa Jenis Keyword Dengan Harga Mahal

1. Kata Kunci atau Keyword Bidang Usaha Keuangan

Banyaknya pelaku bisnis yang menerapkan semuanya secara digital dan persaingan yang ketat membuat untuk pengoptimalan website finansial lebih mahal. Dalam hal ini riset kata kuncinya.

2. Kata Kunci atau Keyword Bidang Usaha Perjalanan/Travel

Tidak perlu dipungkiri, era sekarang website travel paling banyak dicari oleh beberapa orang. Hal ini ditujukan untuk memudahkan proses perjalanannya, sehingga tidak heran banyaknya website perjalanan/travel di Google. Dengan ketatnya persaingan membuat jasa SEO mematok harga yang relatif tinggi untuk hal tersebut.

3. Kata Kunci atau Keyword Bidang Usaha Properti

Melihat perkembangan zaman yang semakin maju ini, banyak dari pengusaha meletakkan bidang usahanya ke rana online. Alhasil, membuat usaha properti diharuskan memiliki tim atau jasa SEO yang tepat supaya dapat bersaing.

4. Bisnis E-Commerce

Pada dasarnya dalam menentukan harganya untuk keyword pada lini bisnis ini tidaklah terlalu mahal seperti 3 poin diatas. Tetapi, ini sebagai tambahan saja  untuk mendapatkan informasi. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya aktifitas optimasi, sehingga harganya pun dapat menyesuaikan.

Nah, setelah menyimak beberapa hal terkait menentukan jasa SEO untuk website. Seharusnya Anda sudah dapat memahaminya terlebih dahulu dan menyiapkan beberapa hal, sehingga tidak mengalami pembengkakan harga. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dan sesuaikan dengan biaya yang Anda miliki. Sekian dulu pembahasannya, semoga bermanfaat.