Terlambat Bayar Cicilan Pinjaman Online? Lakukan Hal ini

langkah-langkah ketika cicilan pinjaman online macet

daron.info – Cicilan pinjaman online memang sering membuat pusing, apalagi ketika keuangan Anda tidak cukup menutupi jumlahnya. Pada saat kondisi tersebut terjadi, beban finansial jelas bertambah dan Anda harus mencari cara melunasi pinjaman online tersebut. Perlu diketahui, keterlambatan pinjaman online tidak bisa dinegosiasikan masa peminjamannya. 

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan seseorang ketika terjadi keterlambatan pembayaran cicilan di pinjaman online? Bagaimana cara individu tersebut menghindari hutang yang terus menumpuk karena tidak segera melunasi pinjaman tersebut? Semakin lama Anda menunda pembayaran kredit maka semakin tinggi pula beban hutang yang harus dilunasi, meskipun bunganya kecil. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban setiap orang melunasi cicilan pinjaman online secara teratur dan tepat waktu. 

Langkah-langkah Menyelesaikan Kredit Online Macet

Kasus-kasus seperti pinjaman online macet memang lumrah terjadi pada sebagian besar debitur. Tentunya kondisi tersebut bisa menjadi teror bagi debitur, apalagi ketika salah memilih tempat melakukan kredit. Penumpukan bunga setiap bulan membuat semakin besar jumlah cicilan yang harus dibayar. 

Meskipun begitu, keterlambatan pinjaman online bukanlah sesuatu yang menakutkan apabila Anda tidak pernah melakukannya. Pinjaman online memang sangat membantu individu ketika sedang dalam masalah finansial, namun tidak jarang juga menjadi beban bagi individu tersebut.

Nah, ketika terlanjur terlambat membayar cicilan di pinjaman online tersebut, apa yang seharusnya dilakukan seorang debitur? Berikut kami paparkan langkah-langkah menyelesaikan kredit online macet untuk Anda. 

1. Melakukan Negosiasi dengan Pihak Pinjaman Online

Ketika Anda mengalami kendala saat hendak melunasi angsuran, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menghubungi pihak pinjaman online. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk bernegosiasi dengan pihak pinjaman online dan menjelaskan kondisi yang sedang dialami debitur. 

Selama bernegosiasi, usahakan supaya layanan pinjaman tersebut menerima alasan yang Anda paparkan. Oleh sebab itu, alasan yang dipakai harus masuk akal dan logis sehingga dapat dipercaya. Jadi, pada saat melakukan negosiasi terkait keterlambatan pembayaran cicilan, kedua belah pihak bisa sepakat dengan solusi jalan keluarnya. 

Alangkah baiknya Anda melakukan negosiasi tersebut dengan mendatangi langsung lokasi pinjaman online. Atau bila terkendala jarak, debitur dapat memanfaatkan layanan customer care yang dibuat pinjaman online khusus untuk membantu masalah tersebut. Mintalah keringanan terhadap besar angsuran dan masa pinjamannya supaya Anda tidak dikenakan denda besar. Inilah cara pertama yang harus dilakukan ketika terjadi keterlambatan pembayaran cicilan. Dengan demikian, pihak pinjaman online akan menganggap Anda bertanggung jawab. 

Baca Juga : Mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS

2. Menunda Pinjaman Online Berikutnya

Sebaiknya prioritaskan pinjaman online saat ini sebagai yang utama dan tunda dulu pinjaman cepat cair berikutnya. Akan tetapi, kebanyakan debitur lebih memilih mengajukan pinjaman online baru untuk melunasi tunggakan saat ini. Bila tidak ingin menambah beban finansial, maka jauhilah cara melunasi cicilan satu ini.

langkah-langkah ketika cicilan pinjaman online macet

Melakukan pinjaman atau kredit online baru hanya akan menimbulkan masalah baru. Jangan biasakan diri Anda melunasi cicilan memakai uang pinjaman lainnya. Jadi, yang sebaiknya dilakukan seorang debitur pada saat mengalami kendala  keterlambatan pelunasan adalah menunda pinjaman online berikutnya. Dengan taat mengikuti langkah ini. dijamin kedepannya angsuran tidak lagi sulit untuk dilunasi. 

3. Menjual Aset untuk Membayar Tunggakan

Menjual aset adalah salah satu cara terbaik ketika sulit menemukan solusi keterlambatan pembayaran cicilan di pinjaman online. Meskipun cara menyelesaikan tunggakan ini cukup ekstrim, namun hanya ini pilihan terbaik yang membantu debitur lepas dari jeratan hutang. Beberapa aset debitur yang memiliki nilai jual tinggi meliputi perhiasan, rumah, mobil dan sebagainya. 

Inilah alasan pentingnya memiliki aset atau berinvestasi sejak dini. Karena saat dalam keadaan mendesak, ada aset atau barang berharga yang dapat Anda gunakan dengan baik. Hasil penjualan barang berharga ini akan membantu Anda melunasi semua hutang cicilan pinjaman online. Dan jika sisanya cukup banyak, sebaiknya dipakai untuk berinvestasi lagi. 

4. Meminjam Uang ke Kerabat atau Relasi

Sebenarnya cara ini tidak terlalu dianjurkan karena sama saja debitur akan menggali hutang baru. Walaupun begitu, inilah cara tercepat bagi debitur mendapatkan uang pelunasan hutang kepada pinjaman online. Meminjam uang ke kerabat atau relasi dapat menjadi jalan keluar terbaik selama tidak ingin urusan dengan pinjaman online semakin panjang. 

Bila keterlambatan pembayaran cicilan Anda terselesaikan, jangan membiarkan hutang baru berlama-lama. Segera kembalikan uang pinjaman dari kerabat atau relasi agar kondisi finansial tidak semakin memburuk. 

Janjikan waktu pengembalian uang yang tepat kepada kerabat yang Anda pinjam. Sertakan alasan masuk akal pada saat meminjam uang untuk melunasi cicilan di pinjaman online. Debitur juga tidak boleh memaksa kerabat atau relasi yang menolak memberi pinjaman. Jangan membuat orang lain sulit karena masalah finansial Anda sendiri. Maka dari itu, patuhi aturan pinjaman online dan bayarlah angsuran ketika sudah jatuh tempo. 

Nah, itulah langkah-langkah debitur ketika mengalami keterlambatan pembayaran cicilan di pinjaman online. Semoga Anda dapat segera menyelesaikan kendala tersebut dengan baik agar beban finansial berkurang. Sekian.