Penyakit Leukimia Mudah Menyerang pada Anak

Penyakit Leukimia Mudah Menyerang pada Anak

daron.info – Masih ingat Shakira, putri Denada yang menderita Leukemia? Kini, Shakira sedang berjuang untuk kesembuhannya. Terharu dan bersimpati, mungkin itulah yang akan kita rasakan kala melihat kondisi putri Denada tersebut. Lalu apa sih sebenarnya penyakit leukemia itu? Apakah ini penyakit yang berbahaya atau bisa mudah diobati? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya!

Leukemia atau bisa disebut kanker darah merupakan penyakit serius yang memang sering tidak terdeteksi di masa-masa awal kemunculannya. Padahal, jenis penyakit ini memang harus sangat diwaspadai lho. Pasalnya, tidak sedikit anak yang mengalami leukemia dan baru terdeteksi kala sudah memasuki stadium berbahaya.

Leukemia sendiri merupakan penyakit yang menyerang sumsum tulang belakang manusia dimana disana merupakan tempat sel darah putih berproduksi. Itulah mengapa, seseorang yang terserang leukemia memiliki fungsi sumsum tulang yang terganggu. Nah, untuk itu, sebagai orang tua, ada baiknya kita harus menjaga dan memperhatikan betul kesehatan anak. Kenali ciri-ciri leukemia seperti misalnya anak terlihat pucat, selalu demam tinggi, mudah lelah, tidak selera makan, sering mengalami pendarahan atau memar, hingga penurunan berat badan. Selain itu, segera periksakan anak Anda kala mereka mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, pembesaran limpa, bintik merah di kulit, sesak napas, nyeri tulang, sakit kepala, infeksi, sering sakit tenggorokan atau batuk, hingga kejang dan keringat berlebih.

Setelah mengetahui cara mendeteksi penyakit leukemia ini pada anak, maka ada baiknya kamu mengenali apa sih munculnya penyebab penyakit ini. sebenarnya, dokter sendiri juga tidak begitu yakin mengapa banyak anak yang bisa menderita kasus leukemia. Selain karena beberapa faktor yang tidak diketahui bagaimana munculnya, penyakit leukemia bisa diderita oleh mereka yang mewarisi sindrom Li-Fraument, sindrom klinefelter, dan Down syndrome. Masalah kekebalan tubuh para penderita ataxia telangiectasia dan riwayat paparan radiasi juga bisa sangat berpengaruh. Terlebih jika salah satu saudara kandung ada yang menjadi penderita leukemia, apalagi mereka yang kembar identik. Terakhir, ternyata transplantasi organ juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit ini.

Baca juga : Tips Menjaga Tubuh Tetap Prima Saat Beraktivitas

Namun meski berat untuk dilalui kala anak Anda terkena kanker, sebagai orang tua Anda harus tetap kuat. Jangan pernah berputus asa karena banyak kasus penyakit leukemia ini bisa disembuhkan. Selain itu, untuk mencegah penyakit ini datang atau kambuh lagi, silahkan kontrolkan anak secara rutin ke dokter untuk mendeteksi dini penyakit apapun. Pasalnya, gejala leukemia sangat membutuhkan cek dari dokter karena tentunya kita tidak akan bisa mendeteksinya sendiri. Tidak hanya itu saja, diagnosis dini diperlukan agar nantinya bisa segera ditangani dan pengobatan bisa lebih sukses alias berhasil.

Demikianlah ulasan mengenai bagaimana mudahnya penyakit ini menyerang anak-anak. Semoga bermanfaat!