Pengertian SEO Off Page dan Langkah Optimasi 

cara optimasi off page

daron.info – Ada dua faktor utama dalam SEO untuk optimasi website, yaitu SEO on page dan SEO off page. Kedua bagian ini merupakan kunci penting dalam peningkatan kualitas suatu website. Elemen utama dari SEO ini harus bekerja secara optimal agar peringkat website Anda bagus.

Kini, kita tahu bahwa dalam mengoptimasi sebuah website tidak cukup dengan SEO on page saja, namun juga perlu sisi dari SEO of page agar keseluruhan website bisa ditingkatkan kualitasnya. Pembahasan kali ini, kita akan mengulas rinci tentang pengertian SEO of page dan langkah optimasi yang tepat. 

Pengertian SEO Off Page

Adapun pengertian dari SEO off page adalah kegiatan yang dilakukan diluar website atau konten sebagai langkah optimasi SEO. Berbeda dengan SEO on page yang berkutat seputar masalah internal SEO website saja, malahan faktor-faktor eksternal lah yang dituntut harus dioptimasi dalam SEO off page ini. Apa saja faktor eksternalnya? Mulai dari share sosial media hingga inbound link/backlink merupakan faktor-faktor eksternal yang kami maksud dioptimalkan.

Salah satu kesalahpahaman paling umum tentang masalah SEO off page adalah soal link building saja yang dibahas didalamnya. Pada dasarnya masalah seputar optimasi SEO off page tidak terbatas pada bagian itu saja. Faktor penting dalam SEO off page bukan hanya terkait link building saja satu-satunya, melainkan ada banyak. Ada berbagai cara atau langkah optimasi SEO off page yang bisa dikerjakan seorang SEO expert seperti berikut. 

Langkah-Langkah Optimasi SEO Off Page 

Dalam pembahasan mengenai langkah-langkah optimasi SEO off page kali ini, setidaknya ada beberapa poin penting yang mendukungnya seperti:

  1. Link building
  2. google bisnisku
  3. brand mention di beberapa media online 
  4. Listing bisnis
  5. Review
  6. Share di sosial media

Link Building

Peran link building memang tidak pernah lepas dari pembicaraan soal optimasi SEO off page karena merupakan faktor terpenting. Mengapa SEO off page sangat dipengaruhi oleh link building? Anda perlu tahu bahwa ada namanya algoritma Pagerank dalam mesin pencari google.

Dimana kualitas dan kuantitas dari suatu website akan dinilai oleh algoritma pagerank ini. Meski algoritma pagerank telah dikatakan expired oleh beberapa pakar SEO, namun kenyataannya faktor penilaian google masih sebagian besar diambil dari algoritma tersebut. 

cara optimasi off page

Performa hasil pencarian berhubungan kuat dengan jumlah inbound link/backlink sebuah website, dan ini telah dibuktikan. Organik traffic semakin bagus jika tinggi dan ini disebabkan oleh banyaknya referring domain. Inbound link/backlink yang diberikan kepada sebuah website dari domain merupakan maksud dari referring domain disini.

Berikut ini beberapa faktor penting dalam link building.

  • Nofollow dan dofollow
  • Domain authority dan page authority
  • Relevansi
  • Anchor text
  • Trafik 

Baca Juga : Tips Mengetahui Biaya SEO

Google Bisnisku

Google telah mengeluarkan layanan listing bisnis gratis bernama Google Bisnisku. Google Bisnisku bisa digunakan untuk semua jenis keperluan bisnis. SEO off page bisa ditingkatkan kualitasnya dengan dengan cara daftar langsung Google Bisnisku.

Hasil pencarian lokal terkait kata kunci yang dicari pembaca akan memunculkan website Anda apabila telah terdaftar di Google Bisnisku ini. Google Bisnisku memungkikan webiste muncul pada snack pack hasil pencarian serta dapat memunculkan lokasi kantor atau bisnis Anda di Google Maps. 

Brand Mention di Beberapa Media Online

Media lain akan memberi brand mention setelah Anda melakukan kegiatan tertentu seperti kampanye biasanya. Misalnya ada beberapa artikel yang mengulas kegiatan atau event besar yang akan atau telah terlaksana dengan menyebutkan nama brand Anda. Dengan mention atau penyebutan di media online lain ini, ada keuntungan yang bisa diperoleh website Anda.

Meski tanpa penyebutan link menuju website pun, pembaca media online akan mulai mengenal dan akrab dengan nama website Anda. Sayangnya, kekurangan dari brand mention tanpa menyertakan link yaitu cukup berdampak pada authority dan trafik website jika dilihat dari optimasi SEO off page. 

Listing Bisnis

Optimasi SEO off page website akan terbantu apabila telah terdaftar pada listing bisnis online. Anda bisa memanfaatkan beberapa listing bisnis seperti Zomato, Tripadvisor, dan GrabFood.

Jika Zomato dan GrabFood hanya khusus restoran saja, maka Tripadvisor bisa lebih luas cakupannya. Mulai dari ulasan tentang tempat rekreasi, penginapan hingga restoran ada dalam listing bisnis tersebut. 

Khusus GrabFood, jika Anda menjadi bagian dari merchantnya maka website GrabFood akan memberikan satu halaman khusus. Meski bukan sebuah situs review, namun listing bisnis ini sangat bermanfaat terhadap optimasi SEO off page website Anda. 

Review

SEO off page juga dipengaruhi oleh review dari website lain mengenai produk atau bisnis Anda. Terutama pada SEO lokal, review menjadi faktor penting paling berpengaruh dalam optimasi. Anda perlu mendapat review dari situs-situs lain selain dari review Google Bisnisku. SEO off page website Anda akan semakin baik apabila review yang diberikan semakin positif. 

Share di Sosial Media

Secara tidak langsung, share di sosial media berpengaruh terhadap SEO off page website. Kemungkinan menjangkau banyak pembaca bisa dilakukan dengan membagikan konten tersebut di beberapa media sosial. Dan tidak menutup kemungkinan pula, konten akan di share kembali oleh para pembaca melalui sosial media pribadi.

Jadi benahi SEO off page mulai dari langkah-langkah diatas. Baru kemudian kerja SEO akan lebih maksimal pada website Anda.