Mengenal SSR dan CSR dalam Dunia SEO Pada Kebutuhan Website

ssr dan csr

daron.info – Pada artikel ini kami mencoba untuk mengajak Anda memahami beberapa hal yang ada di SEO diantaranya mengenal SSR dan CSR. untuk beberapa orang mungkin belum banyak mengenal dan mengetahui nya secara lebih jelas. Karena jarang diangkat secara lebih luas, mungkin hanya memahami mengenai SEO saja. 

Berdasarkan perkembangannya SEO sendiri memiliki banyak bidang yang sangat luas untuk dibahas secara menyeluruh. Melalui artikel ini, kami mencoba memberikan beberapa hal yang sering digunakan dan memiliki dampak untuk kemajuan situs atau website yang dimiliki. Berikut ini penjelasan mengenai SSR dan CSR secara lebih lengkapnya. 

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan SSR dan CSR?

Sebenarnya menjadikan website berada pada halaman utama yang akan membuat Anda akan lebih bersemangat untuk mempertahankan status tersebut. Namun pada dasarnya google menyukai proses rendering yang cepat dan singkat, sehingga jika melakukan rendering lama membuat kedudukan atau status dari website sulit untuk berkembang. 

Dalam hal ini Anda harus mempersingkat dan mempermudah prosesnya supaya lebih cepat, karena semakin banyak aplikasi dan kompleks membuat prosesnya lama. Dengan begitu pihak Google pun harus ekstra bekerja dalam mengakses situs tersebut, sehingga hal inilah yang menjadikan posisi website tersebut lambat dan tidak bisa berada pada posisi puncak. 

Untuk mengatasi hal tersebut perlu beberapa hal, diantaranya penggunan SSR dan CSR. lantas, bagaimana mencari yang terbaik?

Mengenal Server Side Rendering Service (SSR)

Pada dasarnya SSR itu proses rendering secara tradisional yang semuanya tersimpan dalam halaman yang ada di server. Teknologi yang menggunakan proses SSR adalah Java, PHP dan hal lain sebagainya. Namun umumnya website yang menggunakan server side rendering akan lebih lambat. Kelebihannya untuk kontennya tetap dapat terlihat dengan jelas, walaupun loading lama, tetapi memberikan indeks besar di mesin pencarian. 

ssr dan csr

Dalam artian SSR masih terbilang teknologi lama dan kebutuhannya pun terbilang proses berbeda dibandingkan dengan sekarang. Bahkan mulai banyak beberapa pengelola website beralih dari SSR ke CSR yang dapat dibilang terbaru. Di lain sisi biaya yang dikeluarkan pun terbilang lebih mahal dalam pengoperasian dan penggunaannya. 

Baca Juga : Aplikasi Penyedia Layanan Pinjaman Online Terbaik di bawah Otoritas Jasa Keuangan

Tetap Menggunakan Side Rendering Service (SSR)

Dari beberapa informasi yang ada, masih banyak yang menggunakan SSR. namun ada persoalan yaitu tidak dapatnya terindeks oleh Google. Untuk mengatasi persoalan tersebut, Anda dapat menggunakan beberapa alternatif untuk tetap dapat terindeks. Berikut ini beberapa cara atau alternatif yang didapatkan, diantaranya sebagai berikut :

1. WordPress

Alternatif pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan wordpress yang lebih mudah terindeks, akan tetapi Anda akan dihadapkan oleh performa yang lambat. Sehingga Anda harus memperhitungkan dan mempertimbangkannya. 

2. ReactDomRenderer

Cara kedua yaitu menggunakan ini untuk melakukan rendering dari bagian servernya, akan tetapi proses dan harganya terbilang mahal. Rasanya untuk Anda yang mempunyai tim yang sedikit dan tidak banyak, hal ini tidak tepat untuk dilakukan dan dipilih. 

3. Menggunakan hal diluar wordpress dan teknologi react JS diatas. 

Memilih Teknologi Ghost

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih beberapa alternatif yang digunakan yang diluar dari wordpress dan react JS. Dari berbagai pertimbangan diatas, Ghost dapat menjadi jawabannya dan cocok untuk SSR. Apalagi untuk kebutuhan konten, hal ini cocok untuk kepentingan SEO didalamnya. 

Dengan begitu memungkinkan Anda tetap menggunakan sistem ini dengan lebih menarik, murah, cepat dan ramah untuk kebutuhan SEO. Sehingga Anda dapat memilih nya untuk kebutuhan yang Anda perlukan. 

Mengenal Client Side Rendering (CSR)

Untuk kebutuhan website modern, rasanya CSR menjadi pilihan yang tepat. Karena menggunakan teknologi Javascript. Adanya teknologi tersebut membuat user atau developer dapat langsung untuk melakukan rendering secara cepat, bahkan saking cepatnya data belum masuk ke komputer atau ponsel yang dimiliki. 

Dengan adanya proses seperti itu memberikan semuanya dapat dilakukan secara lebih cepat dan loading page tidak ada jadi permasalahan. Karena hal ini dipengaruhi oleh script yang sudah terdownload dan dinamis. Apalagi untuk era sekarang, banyak persaingan di dunia digital membuat semuanya serba cepat, agar dapat dan mampu bersaing. 

Walaupun demikian membuat Anda harus mempertimbangkan indeks yang dilakukan, karena jika menggunakan Javascript membuat Google sulit melakukan indeks pada mesin pencarian. Tentunya hal ini berdampak konten yang dibuat tersebut. Mungkin butuh pertimbangan dan perhatian untuk penggunaan dari CSR tersebut. 

Karena dari sisi bisnis apalagi fokusnya pada konten tentunya akan sangat merugikan apabila tidak dapat terindeks oleh Google. Sehingga mempengaruhi peringkat dari website atau situs tersebut dan membuat menjangkau pasar yang diharapkan dari konten yang dibuat. Oleh karena itu, sebagai pengelola harus mempertimbangkan semuanya. 

Nah itulah mengenai pembahasan mengenai CSR dan SSR, dari berbagai penjelasan diatas akan dapat mempertimbangkan semuanya. Karena sebagai user pasti Anda akan lebih memahami kebutuhan website masing-masing. Semoga informasi diatas bermanfaat dan berguna untuk Anda kedepannya.