Mengenal Perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO

perbedaan seo on page dan off page

daron.info – On Page SEO merupakan salah satu strategi untuk mengoptimasi halaman website dari internal dengan mencantumkan beberapa dasar dari kata kunci dalam sebuah konten dalam artikel. Mesin pencari akan menilai suatu website relevan jika website tersebut mencantumkan kata kunci yang relevan. Jika website Anda dinyatakan lebih relevan dibandingkan dengan website lainnya, maka hal tersebut tentunya akan lebih mudah untuk bisa masuk ke dalam halaman pertama pada mesin pencari. Dengan begitu, berikut ini adalah beberapa faktor penting yang bisa kamu lakukan untuk bisa menggunakan On Page SEO dengan benar.  

  • Judul (Title Tag)  

Untuk menggunakan blog, maka sebaiknya Anda menggunakan judul yang mencantukan  kata kunci dasar yang sedang Anda targetkan. Misalnya jika Anda ingin membuat suatu konten atau artikel tentang pembuatan kue, maka Anda bisa gunakan kata kunci yang cocok untuk judul itu misalnya “Cara membuat kue”. Dengan begitu, mesin pencari dapat menyesuaikan perkiraan dari isi dalam konten dan jika dirasa berkualitas maka mudah saja untuk masuk ke dalam halaman utama mesin pencari. 

  • Headings (H1, H2, H3) 

Aturan format tulisan dipercaya bisa berpengaruh pada performa SEO pada sebuah website, dikarenakan mesin pencari pasti membaca semua halaman di website Anda. Oleh karena itu penting sekali untuk mencantumkan Heading 1 di Title tag maupun judul dalam artikel, tetapi jika Anda menggunakan WordPress maka tidak perlu lagi Anda gunakan format H1 untuk judul nya. Karena pada dasarnya WordPress sudah mengatur dengan otomatis untuk setiap judul. Maka kita hanya gunakan H2 sebagai sub-judul di sebuah artikel. 

Adapun juga bagian yang mana dimaksud sebagai sub-judul ataupun sub-poin? Di artikel ini terdapat sub-judul yaitu di On Page SEO dan juga Off Page SEO, judul itu yang menggunakan H2. 

Baca Juga : SEO Off Page? Berikut Uraian Lengkapnya

  • Struktur URL 

Karena struktur URL adalah bagian sangat penting yang juga dapat membantu untuk meningkatkan SEO. Sebaiknya jika kamu membuat struktur URL maka pastikan cantumkan dasar kata kunci. Contohnya artikel yang ingin Anda buat tentang pembuatan kue.

perbedaan seo on page dan off page

Untuk itu, Anda bisa menggunakan struktur URL seperti www. namabloganada.com/cara-pembuatan-kue/. Tidak dianjurkan untuk membuat struktur URL secara asal-asalan, seperti www.namablog.com/3425738q/. Disarankan untuk membuat struktur URL yang baik dan termuat kata kunci.  

  • Alt Text Gambar 

Dicantumkannya gambar adalah bertujuan untuk dapat meningkatkan konten dari website Anda agar pengoptimalan bisa dilakukan dengan mudah oleh mesin pencari. Jangan lupa jika Alt text yang bergambar harus memuat kata kunci dirasa bisa mengoptimalkan SEO dengan cepat. 

  • Waktu dari Loading Blog 

Tentunya semua mesin pencarian mulai dari Yahoo, Google dan aplikasi yang lainnya ingin bisa membantu para penggunanya untuk mencari apa yang sedang mereka cari secara cepat, juga ingin memberikan mereka pengalaman baik. Pada dasarnya, setiap mesin pencarian menyediakan pelayanan yang berkualitas supaya bisa memuaskan para penggunanya. Oleh karena itu, kecepatan waktu dari loading juga bisa sangat berpengaruh pada pengoptimalan SEO. 

Jika waktu loading dirasa lambat oleh pengguna. Dengan begitu, maka mesin pencari menganggap bahwa website yang lambat untuk diakses tidak relevan dibandingkan dengan website yang mudah untuk diakses. Untuk itu, tidak mungkin jika website dengan loading lambat bisa menang di persaingan SEO dibandingkan dengan website yang memiliki kecepatan. 

  • Internal Link

Internal link adalah salah satu link yang bisa menyambungkan pemakai nya atau para pengunjung lainnya ke halaman lainnya dari website yang Anda miliki. Contonya seperti internal link pada halaman ini seperti *Lihat juga: xxx, itu merupakan salah satu bentuk dari internal link. Selain itu, internal link juga bisa menjadi bentuk optimalisasi dari On Page SEO.