Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe adalah salah satu rempah yang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Jahe sendiri sering digunakan sebagai salah satu jenis masakan. Bahkan ada minuman dari jahe yang bisa dijadikan jamu dan memiliki khasiat dahsyat. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat dari jahe? Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya. 

Manfaat Jahe untuk Tubuh 

Jahe dikenal sebagai bahan alami yang mampu meningkatkan kesehatan pada tubuh manusia. Sudah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dengan gejala ringan. Bahkan, beberapa waktu lalu, jahe dicari banyak orang karena dikatakan mampu mencegah penularan covid-19. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat rempah yang satu ini. Berikut ini adalah manfaatnya: 

1. Kelancaran pada peredaran darah

Jahe mengandung satu zat yang bernama gingerol. Zat yang satu ini sendiri ternyata mempunyai sifat antikoagulan. Sifat inilah yang akan mencegah penggumpalan darah. Seseorang yang mengalami penggumpalan darah, bisa terkena berbagai penyakit yang mematikan, seperti stroke, serangan jantung, pecah pembuluh darah dan lain sebagainya. 

2. Mengobati masuk angin 

Anda pasti pernah mengalami masuk angin. Biasanya jika sudah merasa tidak enak badan, orang tua akan memberikan minuman jahe panas. Hal ini sendiri karena jahe akan memberikan rasa hangat pada tubuh. Sehingga masuk angin pun akan hilang. Anda juga pasti tahu bahwa produk obat untuk masuk angin menggunakan jahe sebagai bahan utama. 

3. Mengatasi perut kembung 

Ketika mengalami perut kembung pun bisa Anda atasi dengan menggunakan jahe. Kandungan yang ada pada jahe dapat membuat perut terasa lebih nyaman. Terlebih lagi, jahe juga sudah terbukti mampu mengobati iritasi usus serta gangguan pencernaan. 

4. Menyembuhkan batuk serta pilek 

Tidak hanya pada saat masuk angin saja, jahe juga sering digunakan untuk mengobati penyakit seperti batuk pilek. Sensasi hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengencerkan dahak dan lendir pada hidung. Sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah dan membuat batuk serta pilek dapat sembuh dengan lebih cepat. 

5. Imun tubuh meningkat 

Sebelumnya sudah disinggung bahwa saat covid-19 masuk pertama kali, masyarakat Indonesia sudah berburu jahe. Hal ini sendiri tidak lepas dari antioksidan dari jahe yang mampu menangkal zat radikal bebas. Sehingga imun tubuh akan meningkat dan tidak akan mudah sakit. Pada saat itu sendiri jahe mencapai harga yang sangat mahal karena banyak yang mencari. 

6. Mengurangi sakit saat menstruasi 

Bagi para wanita, mengkonsumsi jahe sangatlah dianjurkan agar rasa sakit atau kram perut bisa berkurang. Pada jahe sendiri terdapat kandungan yang sama dengan ibuprofen atau asam mefenamat yang sering digunakan wanita untuk mengurangi kram perut saat menstruasi. Anda dapat mengkonsumsi ekstrak jahe 500 atau 2000 mg sehari selama 3 hari berturut-turut. 

7. Menjaga kadar gula di dalam darah 

Diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini, kecuali dengan cara mengatur pola makan dan hidup. Penyebab penyakit ini sendiri karena kadar gula darah sangatlah tinggi. 

Tapi, dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, maka kadar gula bisa diturunkan dengan perlahan. Bahkan untuk penderita diabetes, jahe sangatlah baik sekali agar bisa menjaga gula darah tetap stabil. 

8. Mencegah osteoarthritis 

Osteoarthritis merupakan sebuah kondisi yang mengganggu persendian seperti lutut, pinggul atau tangan. Kondisi ini sendiri menyebabkan area sendi menjadi kaku dan sangat nyeri. Untuk mengatasi gangguan sendi ini, Anda bisa mengkonsumsi jahe secara rutin. Karena jahe mampu merangsang terbentuknya asam salisilat yang berfungsi agar nyeri bisa berkurang atau bahkan hilang. 

9. Obat sakit kepala alami 

Apabila Anda sedang mengalami sakit kepala, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe. Rempah yang satu ini sendiri mampu mencegah prostaglandin, yang merupakan zat yang menjadi salah satu faktor sering mengalami sakit kepala, seperti sakit kepala atau migrain. Anda dapat mengkonsumsi ekstrak jahe atau membuat minuman yang terbuat dari jahe alami. 

10. Mengurangi mual dan pusing 

Jika Anda harus menjalani tindakan operasi, maka disarankan untuk mengkonsumsi jahe 24 jam sebelum operasi dilakukan. Jahe sendiri mampu mengurangi rasa mual serta pusing yang seringkali terjadi pasca operasi. 

Bahkan tidak hanya mual karena operasi saja, tapi juga bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness bisa menggunakan jahe untuk mengurangi rasa tersebut. Tapi, untuk ibu hamil lebih baik diawasi dosisnya dan jangan menggunakan obat-obatan herbal yang tidak disarankan oleh dokter. Mengoleskan minyak jahe sebelum perjalanan darat atau laut juga bisa diterapkan jika Anda sering mabuk saat berkendara jauh. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jahe. Walaupun sering digunakan sebagai bumbu dapur dan jamu, nyatanya jahe memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk tubuh manusia. Mengkonsumsi jahe bisa Anda lakukan secara rutin atau ketika sedang sakit.