Makanan dan Minuman yang Membantu Cepat Tidur

makanan pisang tidur

Kualitas tidur seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya seperti asupan nutrisi. Banyaknya riset yang telah menunjukkan jika ada nuyri tertentu, yaitu vitamin B, magnesium, protein, folat, Triptofan, anti oksidan dan asam amino memiliki peran penting untuk menentukan bagaimana kualitas tidur Anda.

Karena asupan gizi dan nutrisi memiliki peran penting bagi pengaturan zat kimia didalam otak manusia dan berfungsi untuk mengontrol kualitas tidur seperti serotonin juga melatonin, maka dianjurkan bagi Anda yang memiliki keluhan insomnia atau sulit tidur untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman yang direkomendasikan oleh para ahli. 

Rekomendasi makanan dan minuman yang membantu cepat tidur

Bagi Anda yang memiliki masalah sulit tidur atau tidak nyenyak, tidak perlu khawatir. Karena bila Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat, masalah kualitas tidur tersebut dapat diatasi. Berikut ini adalah rekomendasi makanan dan minuman yang dapat membantu Anda untuk tidur cepat:

  • Nasi putih

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa asam amino dapat membantu memperbaiki kualitas tidur. Ternyata dengan mengkonsumsi nasi putih dalam jumlah sedang, Anda sudah bisa mendapatkan asam amino Triptofan juga hormon melatonin terbaik. Kedua hal tersebut sangatlah penting untuk mengontrol kualitas dan jam tidur Anda.

Namun, selain nasi putih tentu Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang tinggi proteinnya seperti telur ataupun daging ayam. Lalu, sebisa mungkin hindari makanan manis, khususnya saat menjelang jam tidur. Karena makanan manis akan membuat kerja pencernaan menjadi lambat, selain itu glukosa menjadikan tubuh menjadi kelebihan energi dan hal tersebut berimbas pada kualitas tidur.

  • Teh chamomile

Chamomile (camomile) merupakan bunga dari jenis Ateraceae. Sejak dulu tanaman ini memang dikenal sebagai salah satu obat herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti mengurangi rasa sakit diperut, obat penenang, mengontrol gula darah, membantu mengurangi insomnia dan masih banyak lagi.

Jadi, bila Anda memiliki masalah pada pola tidur. Meminum teh chamomile adalah pilihan yang tepat. Antioksidan didalam bunga chamomile memiliki zat apigenin, zat ini berfungsi untuk mengurangi rasa cemas berlebih dan membuat Anda menjadi tenang sehingga akan lebih mudah tidur.

Bila ingin meminum teh chamomile, disarankan untuk tidak menambahkan gula. Karena gula tidak baik efeknya bagi tubuh bila dikonsumsi menjelang tidur malam.

  • Ikan

Selain protein, ikan juga mengandung omega-3 dan vitamin D. Kandungan inilah yang bila dikonsumsi akan membantu Anda memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Lalu ikan apa saja yang baik untuk dikonsumsi? Anda dapat memilih ikan tongkol, tenggiri, salmon atau tuna.

Karena menurut para ahli, keempat jenis ikan tersebut dapat meningkatan melatonin dan serotonin dalam tubuh jadi meningkat. Dengan meningkatnya kedua zat tersebut pada tubuh, tentu akan membantu Anda menjadi bisa cepat tidur dan lebih nyenyak.

  • Susu serta olahannya

Susu diklaim dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki kualitas tidur. Sebuah riset membuktikan bila susu beserta olahannya memang dapat membuat penderita insomnia menjadi lebih mudah tidur dan lebih nyenyak.

Susu memiliki dua senyawa yang sangat penting dalam membantu Anda agar lebih mudah tidur. Senyawa tersebut adalah melatonin dan triptofan, keduanya memiliki peran masing-masing :

  • Melatonin memiliki fungsi sebagai pengendali ritme sirkadian dan membuat tubuh menjadi lebih relaks saat akan mulai tidur.
  • Triptofan berfungsi memproduksi neurotransmitter atau yang lebih dikenal dengan serotonin, senyawa ini dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan mood.
  • Air putih hangat

Air putih memang memiliki banyak sekali manfaat. Termasuk didalamnya untuk membantu memperbaiki pola tidur bagi orang-orang yang bermasalah dengan kualitas tidur. Cukup meminum setidaknya 2 (dua) gelas air putih hangat setiap malamnya, sudah dapat membuat merilekskan tubuh juga menurunkan stres.

Namun, memang lebih baik untuk selalu meminum air putih setiap harinya sebanyak 2 (dua) liter seperti saran ahli kesehatan. Karena selain dapat memperbaiki kualitas tidur, air putih juga bagus untuk kesehatan tubuh 

  • Pisang

Potasium dan magnesium yang terkandung dalam buah pisang, diyakini dapat membuat tubuh menjadi lebih relaks apabila dikonsumsi pada malam hari menjelang tidur. Sebuah penelitian membuktikan jika magnesium yang ada pada pisang, memiliki efek positif pada penderita insomnia atau sulit tidur.

Selain potasium dan magnesium, buah pisang juga mengandung triptofan. Seperti yang telah diketahui bila senyawa tersebut sangat berperan untuk mengatasi rasa cemas, menenangkan syaraf, dan dapat membantu pada proses pembakaran lemak didalam tubuh.

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman di atas, ada baiknya Anda juga memulai untuk menerapkan pola hidup sehat, dengan melakukan olahraga, tidak begadang, kurangi mengkonsumsi makanan manis dan beralkohol, lalu bila Anda merupakan perokok aktif tidak ada salahnya untuk mulai mengurangi atau bila perlu berhenti. Yuk, mulai hidup sehat agar selain mem