Kenali Manfaat dari Eucalyptus untuk Kesehatan

eucalyptus

Sudah banyak orang Indonesia yang menyamai kayu putih dengan eucalyptus. Tetapi ternyata, kedua tanaman tersebut berbeda sebab kayu putih merupakan salah satu jenis dari eucalyptus dari 900 jenis lainnya. Sama dengan kayu putih, eucalyptus udah bisa memberikan manfaat untuk Kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat yang dapat dirasakan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Eucalyptus untuk Kesehatan

Eucalyptus merupakan merupakan sebuah jenis pohon yang biasa digunakan sebab manfaatnya untuk pengobatan. Pohon yang berasal dari Australia ini sudah banyak tumbuh di seluruh dunia dan banyak digunakan sebab manfaatnya untuk Kesehatan. Manfaat yang paling besar pada minyak perasaan dari daunnya yang berbentuk oval. Daun dari tumbuhan ini selalu dimanfaatkan untuk sejumlah hal salah satunya yaitu untuk membuat teh yang bisa diseduh dan aman untuk dikonsumsi. 

Tidak hanya itu saja, ketika daunnya telah kering, digiling dan disuling bisa mendapatkan minyak esensial ketika diekstraksi dan diencerkan bisa digunakan menjadi obat-obatan. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui sejumlah manfaat dari eucalyptus bagi Kesehatan tubuh, seperti:

1. Kaya akan antioksidan

Daun dari tumbuhan eucalyptus ini adalah sumber antioksidan bagus sebab terdapat kandungan flavonoid. Zat tersebut bisa melindungi tubuh dari kerusakan karena radikal bebas dan stress oksidatif. Walaupun tidak bisa dikonsumsi secara langsung, namun anda bisa memanfaatkan daun dari tumbuhan ini secara utuh atau kering yang bisa dijadikan untuk teh. Oleh karena itu, mengkonsumsi teh eucalyptus setiap hari baik sekali untuk kesehatan Anda.

Selain itu, ada bakarnya pun untuk menghindari dari anak anak sebab resiko keracunan yang sangat tinggi. Anda wajib berhati hati supaya tidak salah mengira minyak tersebut dengan teh sebab bisa menjadi racun ketika dikonsumsi. Anda harus pastikan terdapat label “teh eucalyptus” dan jangan pernah Anda tambahkan minyak pada teh tersebut.

2. Disinfektasi untuk luka

Daun eucalyptus juga biasanya dipakai untuk mencegah infeksi dan mengobati luka, memang telah terbukti oleh suku dari Aborigin di Australia. Sekarang minyak yang diencerkan masih bisa dipakai di kulit untuk mempercepat penyembuhan dan melawan peradangan. Anda bisa membeli salep yang mengandung minyak dari tumbuhan ini untuk dipakai jika terjadi cedera dan luka bakar lainnya ketika dirawat di rumah.

3. Perawatan gigi

Terdapat kandungan pada eucalyptus yang sudah terbukti berguna menjadi antimikroba dan antibakteri, sehingga biasa dipakai untuk sejumlah obat kumur dan persiapan untuk pemeriksaan gigi. Bisa juga membantu menjaga kesehatan gigi dan melawan kerusakan gigi serta periodontitis. Di sejumlah penelitian di Journal of Periodontology, sejumlah permen karet yang memiliki kandungan dari daun eucalyptus bisa meningkatkan kesehatan periodontal.

4. Mengatasi kulit kering

Kandungan minyak yang ada di tumbuhan ini juga bisa membantu untuk memperbaiki kulit kering dengan meningkatkan kandungan yang ada pada seramida. Seramida merupakan jenis asam lemak yang ada pada kulit yang berfungsi untuk mempertahankan kelembaban pada kulit. Selain itu, one yang bisa terjadi karena kadar seramida yang rendah yaitu kelainan kulit seperti psoriasis dan dermatitis serta ketombe dan kulit kering. 

Ekstrak dari daun ini yang berbentuk topical sudah terbukti bisa meningkatkan produksi seramida pada kulit, membantu melindungi kulit dan meningkatkan kapasitas untuk menahan air. Terdapat senyawa macrocarpal yang bisa meningkatkan produksi asam lemak di kulit. Memang sudah terbukti bila banyak sekali produk kulit dan rambut yang memiliki kandungan ekstrak daun eucalyptus.

5. Meminimalisir masalah pernapasan

Dapat manfaat lain dari minyak eucalyptus yaitu bisa membantu meredakan masalah Pernapasan seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan sampai sinusitis. Minyak ini mempunyai potensi antijamur, antibakteri, antimikroba, antivirus, dekongestan dan antiinflamasi. Sehingga membuatnya menjadi bahan yang terbaik dan dibutuhkan untuk pembuatan obat-obatan.

6. Melindungi diri dari kutu dan serangga

Karena kuat yang dimiliki oleh minyak ini bisa membuat serangga tidak lagi ingin mendekati Anda. Caranya bisa mengoleskan nya pada kulit secara merata. Adanya untuk mengusir serangga saja, minyak ini juga bisa untuk mengusir foto yang ada pada rambut Anda. Hanya dengan Mengoleskan beberapa Tetes minyak di rambut yang berkutu dan tunggu beberapa menit lalu kutu tersebut secara otomatis akan mati.

7. Mengontrol gula darah

Yang terakhir yaitu minyak eucalyptus menjadi obat untuk para penderita Diabetes sebab bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Tetapi, belum bisa dibuktikan secara ilmiah mengenai minyak ini bisa menurunkan dan mengontrol kadar gula darah untuk penderita diabetes.

Nah, saat ini Anda telah mengetahui sejumlah manfaat dari eucalyptus bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, lebih baik untuk menggunakan nya secara rutin supaya seluruh manfaat tersebut bisa anda rasakan. Walaupun demikian, penggunaan untuk anak-anak sebaiknya tetap harus mengikuti saran dari dokter demi menghindari keracunan sebab resiko nya bisa dibilang sangat tinggi.