Dibalik Rasa Kecanduan, Ada Bahaya Rokok yang Mengintai Anda

Dibalik Rasa Kecanduan, Ada Bahaya Rokok yang Mengintai Anda

daron.info – Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa merokok merupakan kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan. Berbagai media cetak maupun elektronik sudah banyak yang mengingatkan bahwa merokok itu tidak baik dan bisa merusak organ-organ di dalam tubuh. Meskipun begitu, banyak perokok yang sama sekali tidak takut akan bahaya yang mengancam mereka. Bahkan lebih menakutkannya lagi, bahaya rokok tidak hanya mengamcam penikmatnya tetapi juga orang-orang sekitar yang menghirup asap rokok tersebut.

Sudah banyak sosialisasi yang diberikan terkait dengan bahaya rokok bagi masyarakat. Namun sepertinya sudah banyak masyarakat yang kecanduan hingga akhirnya mereka sangat sulit untuk terlepas dari rokok. Sudah kecanduan bukan berarti tidak bisa lepas, asalkan niatan kuat dan tekad untuk memulai kebiasaan hidup sehat maka anda bisa terhindar dari bahaya rokok. Perlu anda pahami lagi bahwa dibalik rasa kecanduan rokok yang anda alami, ternyata ada banyak bahaya rokok yang mengintai diantaranya sebagai berikut.

  1. Menyebabkan Kanker
    Kebiasaan merokok ternyata dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker paru-paru. Tidak hanya menyerang paru-paru saja, kanker tersebut bisa menyerang organ ain seperti hidung, mulut, lambung, tenggorokan, dan lain sebagainya. Ancaman penyakit kanker tersebut berasal dari efek buruk rokok yang mengandung setidaknya 41.000 zat kimia berbahaya. Dimana zat-zat kimia tersebut merupakan pemicu penyakit kanker. Bila zat kimia tersebut dikombinasikan dengan panas asap rokok maka bisa menyebabkan mutasi sel tubuh dan berujung pada kematian.
  2. Melemahkan Jantung
    Rokok mengandung zat kimia yang dapat membuat darah di dalam tubuh menjadi lebih kental yang akhirnya menyebabkan penyumbatan maupun penyempitan pembuluh darah. Bila pembuluh darah tersumbat maka akan memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Seorang perokok berisiko 4 kali lebih besar akan terserang penyakit jantung dan stroke bila dibandingkan dengan orang-orang yang tidak merokok.
  3. Merusak Paru-Paru
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam rokok terdapat zat-zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan lebih parahnya lagi zat-zat kimia tersebut bisa melekat di paru-paru maupun di seluruh bagian tubuh lainnya. Bila zat-zat yag mekeat pada paru-paru semakin tebal maka dapat menyumbat paru-paru sehingga membuat penderitanya sulit bernapas. Selain itu fungsi paru-paru juga akan menurun sehingga asupan oksigen di dalam tubuh menjadi kurang terpenuhi. Berbagai penyakit berbahaya yang menyerang paru-paru juga mengancam para perokok diantaranya bronkitis kronis, asma, infeksi paru-paru, empisema, TBC dan lain-lain.
  4. Membuat Mata Menjadi Buta
    Selama ini para perokok mungkin hanya tahu bahaya rokok bagi paru-paru. Padahal rokok juga berbahaya bagi mata anda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa asap rokok juga membahayakan kesehatan mata. Dimana asap rokok yang juga mengandung zat kimia dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenari makular, kerusakan saraf optik yang berujung pada kebutaan.

Selain bahaya rokok yang sudah dijelaskan di atas, sebetulnya masih banyak bahaya rokok yang mengintai anda. Untuk itulah mulai dari sekarang lindungi kesehatan anda dengan menjaga jara dari rokok serta sebisa mungkin menghindarinya.