Daftar Penyakit yang Dapat Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan

penyakit yang ditanggung bpjs kesehatan

daron.info – Jika Anda bertanya-tanya mengenai penyakit apa saja yang ditanggung oleh BPJS, jawabannya adalah BPJS Kesehatan menanggung semua penyakit. Semua jenis penyakit ditanggung oleh BPJS Kesehatan, namun ada beberapa yang tidak dapat ditanggung seperti estetika, infertilitas, komplementer dan lainnya.

Bagi sebagian orang, biaya pengobatan dan perawatan di Rumah Sakit dirasa terlalu besar, ketika Anda atau keluarga tiba-tiba menghadapi keadaan ini, untuk bisa membiayai selama proses pengobatan dan perawatan menjadi sangat berat. Namun sekarang ini dengan adanya BPJS Kesehatan, segala biaya Rumah sakit dapat ditanggung, dan meringankan beban banyak orang. Misalnya, BPJS juga menanggung biaya operasi jantung sebesar 150 juta dan juga biaya sebesar 1 juta per cuci darah untuk pasien gagal ginjal kronis.

Saat ini sangat penting untuk terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Kesehatan (BPJS Kesehatan). Hal tersebut merupakan sistem jaminan kesehatan nasional yang memberikan manfaat pelayanan kesehatan kepada peserta seperti rawat inap dan rawat jalan. Sebagai lembaga publik yang dibiayai negara, BPJS Kesehatan mencakup hampir semua layanan medis untuk semua penyakit yang ada.

Dengan adanya BPJS Kesehatan seperti sekarang atau juga sebagai bantuan biaya semacam ini cocok untuk berbagai penyakit berbahaya, dan biaya pengobatan untuk penyakit-penyakit tersebut sangat mahal. Diambil dari beberapa sumber terkait, berikut ini daftar penyakit berbahaya yang dicakup oleh BPJS Kesehatan, diantaranya sebagai berikut.

1.   Penyakit Asma

BPJS Kesehatan mengcover beberapa penyakit berat yang membutuhkan pengobatan dalam jangka waktu lama, tidak terkecuali untuk penyakit Asma. Oleh karena itu, jika ada teman atau siapa saja yang memiliki riwayat penyakit Asma, maka sangat disarankan agar mereka menggunakan layanan BPJS Kesehatan yang ada sekarang, karena ini akan cukup membantu untuk meringankan biaya yang akan dibutuhkan untuk mengobati penyakit Asma.

2.   Penyakit Jantung

Beberapa penyakit jantung bersumber dari fungsi jantung bermasalah atau gangguan jantung lainnya seperti aritmia, dimana ada gangguan pada irama jantung. Selain itu juga ada penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah.

penyakit yang ditanggung bpjs kesehatan

Jika Anda pengguna BPJS Kesehatan dan memiliki riwayat penyakit jantung, jangan terlalu berat memikirkan mengenai pembiayaan pengobatan. BPJS Kesehatan menanggung semua jenis penyakit jantung, bahkan hingga operasi jantung dengan biaya sebesar 150 juta.

Baca Juga : Mengenal Investasi Kesehatan Untuk Masa Depan Beserta Contohnya

3.   Stroke

Indonesia menjadi salah satu yang memiliki jumlah pasien stroke di angka yang lumayan  tinggi, mencapai kurang lebih sekitar 17 juta orang. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk membantu masyarakat dalam menangani stroke, dengan mengcover pembiayaan pengobatan dan perawatan penyakit stroke.

Banyak para pasien penyakit stroke telah menjalankan program itu untuk proses penyembuhan. Dengan iuran yang dibiayai pemerintah Indonesia, BPJS Kesehatan selaku institusi yang cukup solutif untuk mengurangi tanggungan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pengobatan.

4.   Kanker

BPJS Kesehatan saat ini sudah memberikan pelayanan pengobatan untuk penyakit yang cukup membahayakan seperti penyakit kanker. Meski BPJS melakukan sedikit perubahan, seperti menghapus cakupan penawar penyakit kanker usus yang sebelumnya juga ditanggung. Namun tidak perlu khawatir mengenai perubahan tersebut, BPJS Kesehatan masih akan menanggung jenis obat lain untuk kanker usus dengan khasiat yang sama.

Nah, itu tadi beberapa penyakit berat yang bisa ditanggung baiaya pengobatannya oleh BPJS Kesehatan. Walaupun sebenarnya, seperti yang sudah disebutkan di atas, semua penyakit bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Akan tetapi, beberapa orang belum terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, dan kebutuhan darurat seperti ini bisa datang kapan saja.

Manfaat Aplikasi Pinjaman Online dengan Proses Cepat Digunakan Untuk Situasi Darurat

Situasi darurat memang tidak pernah kita ketahui kapan datangnya, membuat tidak sedikit orang panik untuk menghadapi situasi tersebut. Namun sekarang ini ada alternatif lain yang bisa dijadikan sebagai solusi atas permasalah seperti ini, Aplikasi Pinjaman online hadir untuk memudahkan orang bisa memperoleh pinjaman dana tunai untuk memenuhi kebutuhan di situasi darurat, dengan proses cepat dan mudah.

Jika dibandingkan dengan pinjaman konvensional yang ada, Aplikasi pinjaman online memiliki keunggulan, yaitu syarat yang lebih mudah. Contohnya, beberapa penyedia layanan pinjaman online  dapat mengajukan prosedur pinjaman dengan mengisi data dan dokumen pribadi berupa KTP atau dokumen pendukung lainnya melalui smartphone atau aplikasi di website, tanpa perlu persyaratan lain seperti di Bank Konvensional. Dengan cara ini, maka bisa diandalkan sebagai solusi di keadaan darurat.

Selain kemudahan yang diberikan, dibandingkan dengan pinjaman konvensional pada umumnya, pinjaman online seperti aplikasi Tunaiku memiliki keunggulan pemrosesan yang lebih cepat. Adanya perkembangan teknologi memang membuat banyak hal semakin cepat, termasuk pengajuan pinjaman online yang memanfaatkan teknologi sebagai keunggulannya, sehingga proses verifikasi menjadi lebih cepat. Hal ini sangat berguna dikala seseorang sedang dalam kondisi darurat dan memerlukan dana tunai, seperti untuk pengobatan penyakit.