Bahan-bahan Makanan yang Mengandung Vitamin D

telur sumber vitamin d

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, kita benar-benar membutuhkan vitamin agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Termasuk salah satunya adalah vitamin D. Vitamin D atau lebih dikenal dengan kalsiferol memiliki peran besar terhadap tubuh, kalsiferol ini membantu tubuh dalam pembentukkan gigi dan struktur tulang. Vitamin D atau kalsiferol bisa ditemukan pada brokoli, tomat, stroberi dan beberapa bahan makanan lain.

Bahan makanan tinggi vitamin D

Pada kenyataannya manusia pada usia anak-anak sampai dengan berusia 50 tahun, membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 200 UI per harinya. Untuk yang berusia lebih dari 50 tahun membutuhkan vitamin D sebanyak 400 hingga 600 UI per hari.

Berikut adalah rekomendasi bahan makanan yang mengandung vitamin D tinggi :

  • Ikan salmon

Menurut USDA (United State Department of Agriculture) pada satu potong daging ikan salmon dengan berat 100 gram, mengandung vitamin D sebesar 526 UI. Dengan besaran tersebut, sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan harian vitamin D sampai dengan 200% bagi tubuh.

  • Minyak hati dari ikan kod

Selain ikan salmon, ikan kod juga memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Namun yang populer dikonsumsi oleh banyak orang adalah minyak hatinya. Dalam takaran satu sendok teh minyak hati ikan kod, mengandung vitamin D sebesar 448 UI. Selain vitamin D, minyak hati ini juga mengandung vitamin A dan asam lemak omega-3.

Oleh sebab itulah, minyak hati ikan kod banyak dipilih untuk menambah kebutuhan gizi dan nutrisi bagi manusia terutama anak-anak.

  • Jamur

Walau kandungan vitamin D pada jamur merupakan vitamin D2 yang tentunya tidak seefektif jika kita mendapatkan vitamin D3 yang dihasilkan dari hewan. Namun nyatanya, ada beberapa varietas jamur memiliki kandungan vitamin D sebesar 2.300 UI, tentunya hal tersebut berkali lipat lebih banyak dan dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin D untuk orang dewasa.

Jadi, untuk kalian yang tidak suka dengan daging atau seorang vegetarian tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin D untuk tubuh.

  • Susu sapi

Susu yang paling disukai dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat tentunya adalah susu sapi. Susu sapi sendiri merupakan bahan makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti fosfor, riboflavin dan juga kalsium. Susu sapi juga dapat diolah dan juga diperkaya dengan tambahan vitamin D. Di dalam susu sapi yang disuguhkan sebanyak 250 ml atau tiap cangkirnya, mengandung 115 hingga 130 UI atau setara dengan 15 hingga 20% vitamin D untuk kebutuhan harian tubuh.

  • Kuning telur

Telur merupakan bahan makanan dengan kandungan vitamin D yang paling mudah kita temukan. Kandungan vitamin D terdapat pada Kuningan telurnya, pada satu kuning telur memiliki vitamin D sebesar 37 UI. Pada kuning telur sendiri tidak hanya mengandung vitamin D, tapi juga terdapat mineral dan juga lemak. Sedangkan pada putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi.

  • Jeruk

Selain dari ikan, daging, telur dan jamur. Vitamin D juga dapat ditemukan pada buah jeruk. Pada 237 ml jus jeruk, kandungan vitamin D yang bisa kita dapatkan adalah sebesar 100 UI, jumlah tersebut memenuhi 12% dari kebutuhan kita akan vitamin D harian.

  • Ikan sarden dan herring

Seperti yang kita ketahui, jika ikan sarden dan herring memiliki ukuran tubuh yang kecil. Namun, siapa sangka bila ditubuhnya yang kecil tersebut. Kedua jenis ikan ini memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan harian.

Pada ikan sarden kalengan dengan berat 3,8 ons, memiliki kandungan vitamin D sebesar 177 UI. Sedangkan pada ikan herring segar, terdapat kandungan vitamin D sebesar 216 UI.

  • Hati sapi

Selain mengandung nutrisi seperti vitamin A, protein dan zat besi. Hati sapi nyatanya juga memiliki kandungan vitamin D sebesar 50 UI per 3,5 ons. Tapi dalam mengkonsumsi hati sapi, ada baiknya anda memperhatikan kadar kolesterol yang dimilikinya. Bila anda memiliki riwayat kesehatan yang berhubungan dengan kolesterol ataupun hipertensi, ada baiknya tidak mengkonsumsi hati sapi terlalu banyak.

Selain memiliki peran penting bagi gigi dan tulang, vitamin D juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah munculnya sel kanker. Apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin D akan muncul penyakit, seperti diabetes, hipertensi, osteoporosis, kanker payudara, beberapa penyakit yang menyerang jantung dan kanker endometrium.

Karena itu untuk mencegah munculnya penyakit yang mungkin akan menyerang tubuh kita, ada baiknya mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tinggi termasuk vitamin D. Selain dari bahan makanan, anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin sebagai tambahan, namun sebelum mengkonsumsi suplemen ada baiknya untuk melakukan konsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu.