Aplikasi Penyedia Layanan Pinjaman Online Terbaik dibawah Otoritas Jasa Keuangan

aplikasi pinjaman online terdaftar OJK

daron.info – Di era seperti sekarang, dimana kebutuhan setiap bulan selalu meningkat tetapi pendapatan yang diterima setiap bulan tidak sebanding, maka kita perlu pintar dalam mengatur keuangan, sehingga kondisi keuangan atau kondisi finansial tetap terjaga dan aman. Akan tetapi di dalam kehidupan dan keseharian kita, kadang ada saja kondisi darurat atau tiba-tiba saja kita diharuskan mengeluarkan biaya ekstra. Hal seperti ini yang kadang kita lupa atau tidak sempat mengantisipasi, sehingga kita perlu mengajukan pinjaman online sebagai pilihan terbaik di kondisi yang tiba-tiba dan darurat. 

Beberapa pinjaman online menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan nya, beberapa hanya memerlukan KTP saja dan dapat dicairkan dalam hitungan jam. Tetapi itu bukan menjadi kriteria utama kita dalam memilih pinjaman online, kita wajib tahu apakah aplikasi pinjaman online tersebut legal atau tidak, dan apakah terlalu membebani kita dengan Bunga dan denda yang tidak masuk akal.

Memilih pinjaman online yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menjadi salah satu kriteria penting di tengah banyaknya pilihan penyedia pinjaman online di Indonesia. Berikut beberapa daftar aplikasi pinjaman online yang berada dibawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

1. Tunaiku

Daftar aplikasi pinjaman online dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan yang pertama adalah Tunaiku. Tunaiku merupakan penyedia pinjaman online tanpa jaminan yang bekerja sama dengan Bank Amar. Tunaiku memberikan pinjaman dengan platform mulai dari angka Rp 2 juta, hingga platform yang cukup tinggi di angka Rp 20 juta yang bisa dicicil mulai dari 6 bulan sampai dengan 20 bulan, tanpa agunan.

aplikasi pinjaman online terdaftar OJK

Aplikasi pinjaman online Tunaiku memiliki kelebihan dalam proses pengajuan dan pencairan  dana yang tergolong cepat dan sederhana. Batas usia untuk dapat mengajukan pinjaman di Tunaiku mulai dari umur 21 tahun – hingga 55 tahun, dengan syarat memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). Dengan bunga 3% per bulan, Tunaiku dirasa tidak terlalu memberatkan, sedangkan untuk denda keterlambatan sebesar 0.16% per hari. 

Untuk area layanan, Tunaiku sudah tersebar di banyak kota besar di Indonesia, seperti di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Sidoarjo, Gresik, Denpasar, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar dan beberapa kota lainya.

 2. Kredit Pintar

Daftar aplikasi pinjaman online dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan berikutnya adalah Kredit Pintar. Pinjaman online berbasis aplikasi ini cukup mudah digunakan saat kita melakukan proses pengajuan dana. Proses pengajuan bisa dimulai dengan mendaftarkan akun di aplikasi Kredit Pintar, dan selanjutnya mengisi data diri, nomor rekening, menyertakan KTP beserta foto diri atau selfie, dan menunggu proses verifikasi. 

Usia minimal untuk dapat mengajukan pinjaman di Kredit Pintar yaitu 18 tahun, dengan jumlah pinjaman mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 8 juta, dengan pilihan cicilan atau tenor mulai dari 2 bulan sampai 12 bulan. Syarat mengajukan pinjaman di Kredit pintar cukup dengan KTP dan mempunyai penghasilan yang tetap. Layanan pinjaman online Kredit Pintar juga sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia.

Baca Juga : Tips Mudah Meningkatkan Kecepatan dan Performa Website

3. Kredivo

Daftar aplikasi pinjaman online di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan selanjutnya yaitu Kredivo. Aplikasi pinjaman online dari Kredivo ini mirip seperti kartu kredit, dimana kita bisa melakukan transaksi terlebih dahulu, dan kita bisa membayarnya secara berkala sampai dengan transaksi yang kita lakukan lunas.

Kredivo banyak menggandeng e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan berbagai merchant lainya untuk bekerja sama, sehingga kita bisa berbelanja dengan mudah. Kredivo menawarkan jumlah pinjaman mulai dari Rp 1,5 juta sampai dengan Rp 30 juta, dengan pilihan cicilan atau tenor mulai dari 30 hari sampai dengan 12 bulan. Keuntungan, jika kita memilih pelunasan dalam waktu 30 hari, kita tidak perlu membayar bunga.

Syarat untuk mendapatkan pinjaman dari Kredivo antara lain, usia minimal 18 tahun dan mempunyai KTP. Mempunyai pekerjaan sebagai Karyawan / Tenaga Profesional dengan gaji minimal Rp 3 juta per bulan. Bunga yang ditetapkan Kredivo yaitu sebesar 2,95% per bulan. Untuk area layanan pinjaman online kredivo sudah ada di beberapa kota seperti ; Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Medan, Palembangm dan beberapa kota lainnya, 

4. Julo

Daftar aplikasi penyedia pinjaman online dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan untuk nomor empat adalah Julo. Aplikasi penyedia pinjaman yang satu ini menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan beberapa varian atau jenis produk. Mulai dari Julo Mini, dengan jumlah pinjaman sebesar Rp 1 juta dengan tenor 30 hari. 

Julo Cicilan, dengan jumlah pinjaman sebesar Rp 8 juta dengan tenor mulai dari 3 bulan sampai dengan 6 bulan. Dan yang terakhir adalah Julo Agunan, kredit dengan jaminan berupa BPKB kendaran, Sertifikat tanah, Sertifikat Rumah atau Sertifikat Apartemen.

Proses pengajuan pinjaman dimulai dengan mengisi data di aplikasi, setelah itu Julo akan menampilkan rekomendasi  platform pinjaman, bunga, dan tenor masa pinjaman. Kemudian kita diminta untuk menentukan jumlah pinjaman yang didapat dari hasil credit scoring aplikasi tersebut.